Jumat, 28 Februari 2014

Review : The Wedding Officer oleh Anthony Capella

Judul  : The Wedding Officer
Judul Terjemahan: Pejabat Pernikahan
Pengarang : Anthony Capella
Penerjemah : Gita Yuliani K.
Bahasa : Indonesia
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tebal :  568  halaman
Diterbitkan pertama kali : 2008

Format : Paperback
Target Pembaca: Dewasa

Genre : Historical Fiction
Web Pengarang : Click Here



Sinopsis :


Kapten James Gould yang berumur 22 tahun ditugaskan sebagai Pejabat Pernikahan di Naples pada tahun 1943. Salah satu tugasnya adalah mencegah para tentara Sekutu menikahi gadis-gadis Itali kekasih mereka. Tetapi para gadis di Naples sengaja mengatur agar seorang gadis desa Itali yang cantik dan pintar masak diterima sebagai juru masak untuk Kapten Gould dan stafnya. Dan Kapten Gould yang terpikat oleh pesona si gadis Itali dan masakan-masakan lezatnya mulai menyadari hatinya lebih penting daripada perintah-perintah atasannya...



 Review

L'appetito viene mangiando 
 Selera datangnya karena makanan



Saya suka makan. Oke, semua orang juga suka makan, tapi saya suka mencoba jenis makanan baru, apalagi di Jakarta banyak sekali makanan enak untuk dicoba. Selain wisata kuliner, acara TV yang paling sering saya lihat adalah AFC, alias Asian Food Channel. Suami sih sudah biasa lihat saya dengan cueknya ambil remote control dan menyetel AFC. Dan, saya juga suka baca komik tentang masak - memasak. Anehnya, saya ngga terlalu terampil memasak. Setelah menikahlah, saya baru bisa masak, itu juga yang simpel - simpel. Tapi, tetep saya suka makan! Dan di bulan Februari ini, saya bersama teman - teman BBI mengadakan Baca Bareng dengan tema kuliner.  Saya pun memilih The Wedding Officer, diterjemahkan di sini dengan judul "Pejabat Pernikahan". Sebuah judul yang lumayan tidak nyambung dengan tema kuliner. Tunggu sampai anda membaca sinopsisnya...


Rabu, 26 Februari 2014

Review : Donners of the Dead by Karina Halle

Title: Donners of the Dead
Author : Karina Halle
Publisher :Metal Blonde Books

Length :  197 pages  
Published :February 24th, 2014
Format : e-book

Target : Adult
Genre : Historical Western Romance, Horror
Web :Experiment in Terror
Buy Links : AmazonSmashword



Sinopsis


Jake McGraw was unlike anyone I’d ever known. He was brash, rude, unapologetic and arrogant; chauvinistic, close-minded, and terribly stubborn. He was built like a tree, tall with a hard chest and wide shoulders and hands that looked like they could wrestle a bear. He was a cigar-chomping, scruffy-faced, beast of a man. I was pretty sure I hated him. And I know he hated me. But among the flesh-eating monsters in these snow-capped mountains, he was the only thing keeping me alive 

The year is 1851 and pioneers in search of California gold are still afraid to travel on the same route as the tragic Donner party did years before. When the last wagon train to go into the Sierra Nevada mountains fails to arrive at their destination, Eve Smith, an 18-year old half-native girl with immense tracking skills is brought along with the search party, headed by an enigmatic former Texas Ranger, Jake McGraw.

What they find deep in the dangerous snow-covered terrain is a terrifying consequence of cannibalism, giving new meaning to the term “monster.” While the search party is slowly picked off, one by one, Eve must learn to trust Jake, who harbors more than a few secrets of his own, in order to survive and prevent the monstrosities from reaching civilization.


Review



There is no me. There are only monsters inside of angels and angels inside of monsters. Choose wisely

Donners of the Dead is my first foray into Karina Halle's books. Last year, so many Goodreads friend raves about her Artist Trilogy and Experiment in Terrors Series, but I never had a chance to read it. So, become stand alone novel, Donners of the Dead is a perfect choice for me to know her writing and story. Even it's genres is not my favorite. Historical Romance (HR) is a kinda of hit and miss for me, and I admit I'm not too familiar with Western setting for most HR books I'd read were set in English. Add it with horror and zombies, two elements that make me sooo freaked out! But I'm curious with the story. So, I'm not hesitate to request for ARC copy when Ms Halle put announcement on her FB page for any blogger who want to read her new book.

And well, I'm not disappointed :)

Selasa, 25 Februari 2014

January & February Update : New Author Reading Challenge 2014


Selamat siaaang :D
Seneng banget saya karena Reading Challenge New Author 2014 di Ren's Little Corner mendapat sambutan yang hangat dan juga banyak yang berpartisipasi. Per bulan Februari ini, tercatat ada  86 partisipan . Dan seperti janji saya sebelumnya, bahwa link update akan dibuka setiap dua bulan sekali :).Karena RC ini tidak mewajibkan untuk partisipannya mereview, maka update progress kali ini akan berbeda dengan sebelumnya.   

Untuk mengupdate RC kali ini :
- Silakan membuat satu postingan blog yang berisi buku - buku yang dibaca dari bulan Januari - Februari 2014.
- Jika ada buku untuk RC ini yang kamu review, silakan tautkan juga link reviewnya di postingan tersebut.
- Jangan lupa untuk memberikan keterangan waktu baca ya. Contohnya :
#1 Judul buku - Nama Pengarang (Januari/Februari)
- Masukkan link postingan blog itu ke linky yang saya buat.
- Tidak punya blog? Jika sebelumnya kamu mendaftar dengan menggunakan akun Goodreads, masukkan shelf khusus yang dibuat untuk RC ini ke linky. Jangan lupa juga untuk menge-set waktu baca bukunya.

Linky akan saya buka mulai hari ini (25 Februari 2014) sampai dengan tanggal 6 Maret 2014. Akan diambil 3 pemenang untuk periode update progress kali ini dengan masing - masing pemenang mendapatkan buku pilihannya dengan nominal 50ribu rupiah. Dua pemenang akan diundi secara random, sementara satu pemenang akan saya undi berdasarkan kategori tertentu, yang sifatnya rahasia dan kejutan ;).

Jika ada pertanyaan, silakan bertanya di kolom komentar yah :D. Oh ya, mungkin kalian juga menyadari kalau blog Ren's Little Corner baru aja "dipermak", terimakasih pada Yuyu dari The Little Present yang sudah mendesain layout blog dan Linda dari Reading With Archuleta untuk letters unyu di header blognya :D. Mohon masukannya untuk design blog kali ini yah, seperti adakah yang kurang dan perlu dibenerin lagi. Lalu bagaimana dengan loading blog ini, terlalu lama (konten blog yang banyak sehingga berat untuk dibuka) atau udah oke? Jangan sungkan dalam memberikan feedback untuk blog ini ^_^.


Terimakasih bagi para peserta yang berpartisipasi, saya tunggu link update progressnya yaa :).

Senin, 24 Februari 2014

Ceritaku Bersama... Passion


Passion - Lisa Valdez
Book #1 of Passion Quartet
311 halaman
Erotic Historical Romance


Ehm, ini mungkin jadinya ngga kayak review saya yang biasanya, karena saya hanya pengen cerita tentang suatu buku yang dulu pas jaman saya masih kuliahan , baru kenal internet dan baru merambah buku - buku romance dalam bahasa Inggris, yaitu  Passion karya Lisa Valdez . Buku ini adalah satu buku yang sering dibicarakan oleh teman - teman. Ceritanya sih , saya juga rada - rada lupa ingat, tapi Passion ini adalah salah satu buku yang "memorable" sepanjang pengalaman saya dalam membaca buku romance pada umumnya, dan erotika pada khususnya :P. Apalagi akhir - akhir ini liat feed Goodreads, dimana salah satu teman yaitu Phie dari Harlequin Romance nyari ebooknya, dan Lhieea dari Bookish Roomie ngereview Passion. Hedew, jadi nostalgia deh :D. Sebenarnya bahasan untuk Passion ini lebih cocok untuk blog satunya, tapi saya taruh disini aja dulu :).


Jumat, 21 Februari 2014

Friday Recommendation #30

Thanks God It's Friday! :D 

Seperti biasa di tiap hari Jum'at minggu ke-4, saya memposting meme Friday's Recommendation . Bagi yang ngga ngeh ini meme apaan, Friday's Recommendation adalah meme dimana kita merekomendasikan buku, untuk diterjemahkan di Indonesia :D. Dengan harapan, tentunya penerbit bakalan melihat request kita dan buku itu jadi diterbitin deh :). Tapi kalaupun ngga ada buku yang bisa direkomendasikan untuk diterjemahkan, bisa juga merekomendasikan buku yang kamu baca yang menurut kamu "perlu banget!"" buat dibaca semua orang, atau buku - buku yang underrated.

Nah, ini dia buku yang saya pengen banget diterbitin dan diterjemahin di Indonesia.



The Wishing Spell - Chris Colfer
Genre :  Fantasy
Sinopsis : Goodreads


Kenapa saya rekomendasikan?

Saya ngga ngikutin Glee, jadi saya juga ngga tahu siapa itu Kurt Hummel yang diperanin sama Chris Colfer. So, keinginan saya buat baca buku ini, murni bukan karena fans Glee #kaliadayangnanya :)) . Saya yang banci kaver buku ini langsung tertarik saat pertama kali melihat The Wishing Spell. Ingin banget beli buku ini, apa daya belum jodoh tepatnya :') . Saya ingin ada penerbit Indonesia yang akan mengambil The Wishing Spell buat diterjemahkan, karena selain kavernya yang catchy, sepertinya ceritanya juga bagus kalau dilihat dari sinopsis. Plus, saya juga seneng cerita - cerita yang temanya adalah re-telling dari dongeng - dongeng di dunia :)

Pengen ikutan meme Friday's Recommendation? Ini rulesnya :

1. Tulis buku yang ingin kamu rekomendasikan. Kategori buku yang akan direkomendasikan bisa memilih dari kategori di bawah ini :
a. Buku yang ingin diterjemahkan di Indonesia 
b. Buku yang sudah terbit di Indonesia, dan ingin kamu rekomendasikan ke pembaca.
Jangan lupa menulis alasan kamu merekomendasikan buku itu ya.
2. Jika kamu sudah pernah me-review buku yang ingin kamu rekomendasikan itu, taut balikkan ke link reviewmu.
3. Pasang button Friday's Recommendation, jangan lupa di taut balikkan ke blog Ren's Little Corner
4. Masukkan link Friday's Recommendation di blogmu ke linky yang telah disediakan.
5. Jangan lupa untuk blogwalking ke blog - blog lain
6. Waktu meme adalah bi-weekly. Diposting setiap hari Jum'at minggu ke-2 dan ke-4 tiap bulan

Nah, buku apa yang kamu rekomendasikan di hari Jum'at ini? :)

Rabu, 19 Februari 2014

Wrap Up Post : Reading Challenge 2013 (Part 2)


Walau sudah banyak challenge tahun 2013 yang selesai, rupanya challenge dari blog Mbak Dessy Roshinta, Ngidam Buku, masih jalan sampai bulan Januari 2014. Jadi wrap up postnya baru saya posting hari ini (ini sih karena bingung mau ngepost apa lagi di blog, eh baru ingat ada hutang postingan yang tertunda X)) ) .


Challenge yang diadakan Mbak Dessy adalah Read Big! A Hefty Challenge for a Knight Reader. Yaitu tantangan membaca buku bantal, alias buku sexyyy, alias buku yang jumlah halamannya 500 lebih. Repotnya, saya lupa ambil kelas yang mana #hammer. Jadi, saya asumsi ambil kelasnya yang paling ringan aja, yaitu featherweight (kelas bulu), dengan tantangan membaca 1-4 buku bantal


Dan inilah buku - buku "bantal" yang saya baca untuk tahun 2013- awal 2014 :


 # His Majesty's Dragon - Naomi Novik : Review ; jumlah halaman : 540 hal
 # The Sorceress - Michael Scott : Review ; jumlah halaman : 620 hal
 # Angels and Demons - Dan Brown : Review ; jumlah halaman : 656 hal
 # Shadowfever - Karen Marie Moning : Review ; jumlah halaman : 671 hal
 # The Red Pyramid - Rick Riordan : Review ; jumlah halaman : 518 hal


 # The Cuckoo's Calling - Robert Galbraith : Review ; jumlah halaman : 521 hal


Jadi, saya berhasil membaca 6 buku bantal untuk tahun kemaren :D #tebartebarconfetti . Sebenarnya bisa nambah beberapa buku lagi sih, karena ada buku yang saya baca yang jumlah halamannya itu 450 halaman ke atas. Bahkan ada juga yang 498 halaman, sisa dikiiit banget dari ketentuan 500 halaman yang udah diberikan sama Mbak Dessy. Sayang banget sih :)

Terimakasih Mbak Dessy sudah bikin Reading Challenge yang "seksii" ini. Ditunggu lagi challenge buku bantalnya ya :D

Senin, 17 Februari 2014

Review : Truce - The Historic Neighbor From Hell oleh R.L.Mathewson


Judul : Truce - The Historic Neighbor From Hell
Pengarang : R.L. Mathewson
Bahasa : Inggris
Penerbit : self-publish

Tebal :  291  halaman
Diterbitkan pertama kali :4 November 2013

Format : e-book
Serial : Neighbor From Hell , Buku ke-4 (empat)
Target : Dewasa
Genre : Historical Romance, Contemporer
Web Pengarang :Welcome to the World of R.L. Mathewson
Beli di : Amazon, Kobo, Smashword


 
Sinopsis


This is the story before everything..

Elizabeth knows what’s expected of her, perfection. She’s the daughter of an Earl and expected to marry well, say and do the right things with a smile on her face when inside she’s dying for a chance to escape. Thanks to an inheritance her godmother left her years ago, her chance will come with her next birthday. Her hopes of escape abruptly end when Robert, her childhood nemesis that she hasn’t seen in over fourteen years, comes back into her life and does everything he can to drive her out of her mind even as he steals her heart.

 He hated her.

At least, he tried to hate her, but it was so damn difficult to hate someone that he couldn’t live without. He tried to ignore her, tried to focus on anything but her, but nothing worked. Somehow she made her way into his heart and started to make him want things that he never though possible, made him smile and laugh even while she drove him out of his mind and started a legacy by turning him into…..

A Bradford.

Review

Sebelumnya, saya mau bilang kalau review buku ini mungkin akan sangat bernuansa "fangirling" dan mungkin sedikit lebay, karena, yah saya lagi bahagia banget! :D Nyaris dua bulan saya baca buku, dan belum nemu buku yang bikin saya ngasih lima bintang penuh, plus bikin book hangover. Saya jadi mikir, apa karena saya sekarang mulai pemilih, atau jangan - jangan kejar target biar selesai baca 100 buku bikin saya ga bisa nikmatin buku - buku yang udah dibaca? Di tengah keputusasaan yang mulai melanda ini #mulailebay X), saya pun memilih - milih ebook di hape, dan mutusin buat baca Truce.

Sebelumnya juga, saya itu fans berat R.L.Mathewson. Teman - teman yang kenal saya dan juga blog saya, pasti tahu kalau genre yang sering saya baca adalah fantasy dan pararom. Jarang banget saya baca contemporer, apalagi hisrom. Tapi R.L.Mathewson ini pengecualian, karena seri Neighbor From Hell dia bikin saya jatuh cinta, dan juga selalu ngakak guling - guling X). Walau di webnya ditulis Truce adalah buku ke-4, sebenarnya lebih bisa dibilang prologue, karena ini nyeritain awal mula dinasti Bradford bermula. Biar ga bingung, Bradford ini adalah keluarga yang jadi tokoh utama di buku - buku sebelumnya, yaitu Playing for Keeps (Jason Bradford) dan Perfection (Trevor Bradford). Truce nyeritain kakek moyang mereka, Robert Bradford. Jadi yang belum pernah baca serial ini, ga masalah mau mulai dari Truce dulu.:D


Jumat, 14 Februari 2014

Review : One Enchanted Season (Anthology)

Judul : One Enchanted Season
Pengarang : Various Author - C.L. Wilson, Erica Ridley, Elissa Wilds
Bahasa : Inggris
Penerbit : self-publish

Tebal :  400 halaman
Diterbitkan pertama kali : 5 Desember 2013

Format : e-book
Target Pembaca: Dewasa


Genre : Paranormal Romance
Web Pengarang : Click Here



Sinopsis :

Three bestselling and critically acclaimed authors of paranormal romance weave stories inspired by classic holiday songs.

'tis the season to enchant...

In C.L. Wilson's UPON A MIDNIGHT, an angel helps a troubled woman heal the wounds of her past so her soul can relearn how to sing.

Erica Ridley delivers magic with LET IT SNOW, in which a treasure hunter breaches an enchanted castle only to become trapped inside with a cursed princess and a suspicious tree.

And in SNOWMAN, Elissa Wilds weaves a tale of forbidden love that bridges two very different worlds, when a snowy stranger appears at an isolated mountain cabin seeking much more than shelter from the storm.

Step into a world where the nights are long and dark, snowflakes sparkle like fairy lights, and the hearth fires burn as brightly as the passion of newfound love.

 Review

Yah, saya tahu hari ini, tanggal 14 Februari adalah hari Valentine, hari kasih sayang. Tapi sudah sejak lama saya menganggap kalau Valentine itu hari biasa aja, makanya saya juga ga ada pikiran buat ngerayain, terlepas dari menurut agama saya yang namanya Valentine itu ga ada, hehehe. Nah, makanya rada ga nyambung juga saya malah ngereview kumcer dengan tema liburan. Mana liburan pas Natal dan Tahun Baru yang sudah lewat entah sejak kapan itu X). Tapi, berhubung saya ikutan challengenya Lina, yaitu Short Stories RC, sekalian aja saya baca kumcer yang juga saya request dari NetGalley ini. Semacam bayar utang ngeripiu ^^;

Seperti judul dan kavernya, tema kumcer ini adalah tentang liburan, dan bagaimana cinta bisa menyembuhkan luka hati dan bahkan membebaskan diri dari kutukan! Ya, semua cerita pendek di kumcer ini genrenya sama semua yaitu paranormal romance, walau cerita terakhir yaitu Snowman ada unsur "alien"nya. Karena hanya ada tiga cerita, maka akan saya review  untuk ketiganya :)

Kamis, 13 Februari 2014

Genre 101 : All About Romance (Final Part)


Sampai juga di postingan terakhir untuk Genre 101 : All About Romance! :D .Ingin membaca untuk pembahasan - pembahasan  sebelumnya? Silakan klik tautan di bawah ini :
All About Romance : Part 1
All About Romance : Part 2
All About Romance : Part 3
All About Romance : Part 4

Dan inilah sub genre romance yang saya kupas untuk edisi terakhir dari Genre 101 :) :


Science Fiction/ Extraterrestrial/ Futuristic Romance

Novel sci-fi romance, tentunya adalah novel yang menggabungkan unsur science fiction dengan romance. Sub genre ini masih kuat sampai sekarang walau tidak terlalu terasa gaungnya sih. Sementara extraterrestial adalah novel dengan salah satu karakter adalah alien. Ga semua alien itu aneh bin ajaib kan? Ada juga yang ganteng dan cantik :D. Walau kadang agak - agak jijay bayanginnya, kalau unsur E.T ini dicampur sama sub genre erotic romance :P.

Nah, untuk futuristic romance adalah novel dengan setting di masa depan. Salah satu novel romance terkenal dan banyak fansnya di Indonesia yang mengambil sub genre ini tentu saja serial In Death oleh J.D.Robb ;)

Novel yang memiliki sub-genre ini : The 5th Wave (Rick Yancey), Obsidian (Jennifer L Armentrout), Born of Night (Sherrilyn Kenyon), I am Number Four (Pittacus Lore), Warrior Woman (Johanna Lindsey), Touched by an Alien (Gini Koch), Slave to Sensation (Nalini Singh)   Popular Sci-Fi Romance, Popular Book w/ E.T, Popular Futuristic Romance


Compromising Positions Romance

Berbeda dengan sub genre Marriage of Convenience, Compromising Positions disini  maksudnya adalah hubungan atau pernikahan yang terjadi karena kedua karakter utama kepergok dalam suasana yang ngga pantes. Atau bisa juga karena karakter wanitanya hamil, sehingga yang pria kudu tanggung jawab. Sub genre ini lebih banyak ada di novel hisrom, karena jaman dulu kan norma susila ketat banget, terutama untuk kaum wanita. Dimana mereka mau kemana - mana aja musti sama pendamping, dan ngga boleh cowok. Pria pada masa itu harus berhati - hati dalam memperlakukan wanita, apalagi kalau wanitanya bangsawan. Kepergok ciuman (apalagi grepe-grepe), mereka akan langsung disuruh menikah!  Biasanya si pria akan segera menikahi si wanita untuk menjaga kehormatannya. Sub genre ini cocok untuk pembaca yang menyukai tema "love after marriage".

Novel yang memiliki sub-genre ini : Tempt Me at Twilight (Lisa Kleypas),  Compromised Historical Romance



Small Town Romance


Ini adalah sub genre yang sering dipakai di contemporer romance. Dimana setting tempatnya adalah sebuah kota kecil. Jadi lebih menyoroti kehidupan di kota itu, dimana karakternya sudah kenal dengan tetangga sekitar. Sub genre ini biasanya overlapping dengan genre Family Relationship Romance, dan novel yang punya sub genre ini juga biasanya dalam bentuk seri, dimana nyeritain mulai dari kakak, adik, sepupu, keponakan, bahkan pendahulu mereka, hehehe. Kalau di sini, mungkin novel yang settingnya di desa yah. Sayang juga karena lumayan banyak novel kontemporer sekarang settingnya di kota - kota besar.

Novel yang memiliki sub-genre ini : Seri Lucky Harbor (Jill Shalvis), Seri Virgin River (Robyn Carr)    Popular Romance Books in Small Town



Sports Romance


Sudah jelas dari judulnya, sub genre ini fokus di dunia olahraga! Salah satu (atau kedua) karakter utamanya adalah atlet , atau mereka yang berprofesi sebagai pelatih, agen, publisis, dsb :). Jenis olahraganya sendiri, untuk di Amerika Serikat sono, yang populer adalah rugby, hockey dan softball. Ada juga yang meliputi balapan, semacam NASCAR (karena settingnya kan US) atau macam Fast and Furious. Untuk di Indonesia, saya baru tahunya sih olahraga basket, dan itu juga kebanyakan buat teenlit :P.


Novel yang memiliki sub-genre ini : Natural Born Charmer (Susan Elizabeth Phillip), Seri Play by Play (Jaci Burton), Popular Sport Romance Books


Rabu, 12 Februari 2014

Genre 101 : All About Romance (Part 4)

 


Masih di genre 101, dan saya masih membahas subgenre dari Romance. Semoga banyak yang mendapat informasi dari postingan saya ini, dan bahwa romance itu aslinya banyak macamnya kok :). Tinggal satu postingan lagi, sampai saya selesai membahas genre romance. Saya harap semoga belum bosan :D.Ingin membaca untuk pembahasan - pembahasan  sebelumnya? Silakan klik tautan di bawah ini :
All About Romance : Part 1
All About Romance : Part 2
All About Romance : Part 3

Dan, inilah sub genre romance berikutnya yang ingin saya kenalkan pada teman - teman semua :D :


Holiday Romance


Subgenre romance dimana ceritanya mengambil setting waktu pada hari liburan besar, baik international maupun nasional. Atau, cerita dimana karakter utamanya sedang menjalani liburan dan mendapatkan cinta di tempat tujuannya :D. Untuk novel di luar negeri, biasanya menjelang Natal, banyak pengarang yang membuat novel dengan tema "holiday" ini :). Kalau disini.. ada ngga ya yang temanya pas Lebaran?
Novel yang memiliki sub-genre ini : A Wallflower Christmas (Lisa Kleypas) ; Bisa juga mencari rekomendasi dari teman - teman BBI di Postingan  Baca Bareng Bulan Desember dengan tema Liburan :) ;  Popular Book Holiday Romance,

Horror Romance

Menggabungkan genre horror dengan romance. Spooky, yet romantic. Novel yang ada unsur hantu atau zombienya bisa juga masuk dalam sub genre ini. Genre ini juga bisa overlap dengan sub genre dark fantasy, tapi tidak termasuk dalam paranormal romance. Karena biasanya paranormal romance itu malah jauh dari kata "horror" :)
Note : Apakah buku - buku Abdulah Harahap bisa masuk kategori ini? Err, karena saya ga baca, saya tidak bisa mengklasifikasikan X) . Tapi kayaknya lebih ke horror saja tanpa embel2 romance.

Novel yang memiliki sub-genre ini : Darkhouse (Karina Halle), Warm Bodies (Isaac Marrion);    Popular Book Horror Romance


Inspirational/Religious Romance


Sub genre yang memiliki unsur religius/agamis. Ada kalanya salah satu karakter utamanya mengalami krisis kepercayaan (dalam hal ini kepada Tuhan), yang nantinya dia akan bertemu dengan seseorang yang kuat agamanya dan mendapatkan kepercayaannya kembali. Untuk di Indonesia, biasanya novel dengan setting agama Islam yang laris manis, karena memang  penduduk kita banyak yang beragama Islam. Walau untuk agama lain, seperti Kristen juga ada. Untuk di Amerika, yang banyak adalah Christian Romance. Sementara di Harlequin sendiri ada line khusus untuk cerita Inspirational dengan nama Love Inspired.


Novel yang memiliki sub-genre ini : Ayat - Ayat Cinta, Redeemed Love (Franscine Pascal)   Popular Book Inspirational/Religious Romance

 
Love & Laughter/Humorous Romance


Kalau kamu pengen ketawa kebahak - bahak, tapi juga menginginkan cerita yang romantis, maka sub genre ini sangat cocok untukmu :D

Novel yang memiliki sub-genre ini : Tangled (Emma Chase) ; A Lot Like Love (Julie James), Can You Keep a Secret (Sophie Kinsella), Seri Neighbour from Hell (R.L. Matthewson), Seri Pride (Shelly Laurenston), Jomblo (Aditya Mulya), Love and Hate and Hocus Pocus (Karla M Nashar), Marriagable (Riri Sardjono)    Popular Humorous Romance Books


Selasa, 11 Februari 2014

Review : Stone Guardian oleh Danielle Monsch

Judul : Stone Guardian

Pengarang : Danielle Monsch
Bahasa : Indonesia
Penerbit : Romantic Geek Publishing

Tebal :  374 halaman
Diterbitkan pertama kali : 3 July 2013

Format : e-book
Target Pembaca: Dewasa

Serial : Entwined Realms
Genre : Paranormal Romance
Web Pengarang : Click Here



Sinopsis :

Gryphons flying past skyscrapers? Wizards battling it out in coffeehouses? Women riding motorcycles with large swords strapped to their backs? All normal sights since the Great Collision happened twenty-six years ago.
 Well, not normal for everyone. Larissa Miller may have been born after the Great Collision, but as a history teacher who lives in the human-only city, she has never come into contact with any other race or species, nor has she wanted to. Her life is as ordinary as it gets - that is, until one day she walks out of her apartment and is attacked by a mob of Zombies, only to be saved by a Gargoyle.

 Gargoyles trust no one outside their Clan, but due to a cryptic prophecy, Terak, Leader of the Gargoyles, has been watching over the human woman for months. While he can find no reason why the woman has been singled out, something about her stirs every protective instinct within him. When the attack confirms that the threats against her exist and are real, he convinces Larissa that though their races have never been allies, the best chance of discovering why she has been brought into his world is by working together.

 In the course of their investigation Terak becomes entranced by his little human. But when he discovers why Necromancers want her and the great reward that awaits him if he betrays her, he must choose between the welfare of his Clan and not only Larissa’s life, but the fate of this New Realm as well.

 Review

Bosan sama cerita paranormal romance yang mengisahkan tentang vampire, werewolf, shifter atau malah zombie? Gimana dengan gargoyle? Eh, tunggu deh, bukannya gargoyle yang banyak jadi hiasan di Gereja Notradame itu kayak begini?




Tapi... gimana kalau gargoylenya.. memiliki tubuh yang gagah dan wajah yang walau sedikit creepy, tapi menawan di bawah ini? ;)


Stone Guardian diawali dengan awal terjadinya sebuah event yang disebut Great Collision, yaitu saat dimana dunia manusia dan dunia sihir- yang penuh dengan makhluk yang hanya ada dalam imaginasimu- bergabung menjadi satu. Peristiwa itu membuat Jack Miller, seorang polisi, harus kehilangan istrinya, namun di sisi lain bayi yang dikandungnya selamat dan diberi nama Larissa. 26 tahun kemudian, manusia sudah bisa menerima kalau dunia mereka dihuni makhluk supranatural, Larissa telah tumbuh menjadi wanita cantik dengan ayah plus empat kakak laki - laki yang super protektif. Larissa yang sedari kecil tidak pernah menemui makhluk supranatural karena kotanya dilindungi dengan kubah sihir, tidak sadar kalau dirinya dilindungi oleh seorang gargoyle bernama Terak.

Terak melindungi Larissa karena sebuah ramalan. Dan saat Larissa diserang zombie, mau tidak mau Terak harus menampakkan wujudnya. Terak berjanji untuk melindungi Larissa, tapi ada pihak lain, yaitu The Guild yang rupanya juga ingin melindungi Larissa dan punya agenda tersendiri pada wanita itu. Larissa mendadak jadi incaran banyak makhluk jahat macam goblin, orcs dan necromancer. Apa lagi di sisi lain Terak tak bisa selalu melindungi gadis itu, karena dia adalah pemimpin klan Gargoyle. Layaknya cerita pararom, perasaan antara Terak dan Larissa pun berkembang, walau disisi lain Terak aslinya sudah punya tunangan. Tapi ada hal lain yang lebih penting. Siapa yang mengincar Larissa? Dan apa maksud The Guild, yang merupakan organisasi makhluk supranatural, dalam melindungi Larrisa, padahal mereka juga tidak begitu mengenal gadis itu.

Sebenarnya bagi saya, Stone Guardian ini layaknya cerita paranormal romance yang ada seperti biasanya. Bedanya sih, mengambil gargoyle sebagai karakter utamanya. Yah, bayangin seorang cowok dengan kulit kayak batu, punya sayap bagai kelelawar.. dan punya ekor. Saya sih rada geli - geli gimana gitu XD. Tapi saya seneng soalnya personalitinya Terak ini, walau alpha tapi ngga nyebelin. Emang sih dia udah tunangan, tapi dia akhirnya lebih memilih Larissa dan bahkan rela berkorban demi cewek itu, salah satunya dengan berubah jadi manusia. Padahal bagi Gargoyle, berubah jadi manusia itu dianggap kelemahan, karena mereka jadi rentan dibunuh.

Ada beberapa faktor yang membuat Stone Guardian ini "stand out" dari kisah pararom yang lain. Kayak, ngga ada semacam perkumpulan cowok - cowok ganteng macam "Black Dagger Brotherhood" yang suka umum dipakai. Malah diganti sama kumpulan cewek - cewek super keren dari The Guild, dimana mereka ini juga jadi semacam karakter pendukung yang ga asal tempelan aja. Ada Fallon , seorang swordwoman yang hobi pake baju ala goth style dengan pedang  bernama Tenro yang  tipikal redhead, yaitu emosian Kemudian ada Laire, seorang mage (penyihir) dengan darah Asia yang super nyentrik dan Lady Gaga-wannabe. Dan ada Aislynn, seorang elf pemanah. Nah, mereka berdua ini mau ngga mau jadi ngingetin saya sama trio Lords Of The Ring, dimana Fallon itu macam Aragorn, Aislynn adalah Legolas dan Laire kayak gabungan Gandalf dan Gimli X)) (soalnya Laire mungil banget). Tapi... Larissanya sendiri hampir kayak tipe "damsel in distress" . Emang Larissa itu tipenya adalah "scholar" alias mereka yang lebih suka dengan ilmu ketimbang bertempur, dan Larissa sendiri sih ga gitu aja nyerah sama keadaan. Cuma, dia emang rada "polos" gitu :/

Sayangnya sih, jadi banyak pertanyaan juga di buku ini. Kayak, The Guild itu apaan sih? Kok ga dijelaskan dengan detail,  dan kesannya kayak jadi semacam tokoh yang tiba - tiba muncul gitu. Lalu, apa alasan adanya Great Collision, kok dunia sihir tiba - tiba gabung aja sama dunia manusia. Trus, ada misteri yang disembunyikan sama salah satu kakak Larissa, dan ngga ada penjelasannya juga. Aksinya sendiri pas menjelang akhir - akhir itu terlalu cepat. Saya ga keberatan kalau bukunya agak tebelan dikit, biar beberapa pertanyaan saya terjawab.

Khas pararom, adegan ranjangnya lumayan bikin kipas - kipas XD. Sukanya sih, baik Larissa sama Terak tuh sama - sama ngga punya pengalaman sex, alias masih "virgin" #uhuk. Cuma.. yah saya ngga tahu gimana rasanya bercinta sama makhluk kayak batu gitu. Tapi namanya juga fantasy, dan imaginasi X)). Senengnya, cliche pararom kayak salah satu karakter (biasanya si cowok) punya usia panjang, disini ngga ada. Karena rentang umur gargoyle dan manusia itu sama, jadi Terak dan Larissa bisa jadi tua sama - sama deh :)

Pengarangnya sendiri bilang kalau dirinya semacam "geek" dan emang itu terlihat dari karyanya ini. Yang paling kentara menurut saya sih, karena ada tokoh Laire yang seorang wanita Asia, dimana Danielle Monsch sendiri juga seorang otaku. Lalu trio Fallon-Laire-Aislynn yang macam Aragorn-Gimli-Legolas. Plus nama pedang Fallon, yaitu Tenro, dan ada satu tokoh bernama Kyo, membuat saya jadi mikir apa Monsch suka sama Samurai Deeper Kyo yah? :D



Verdict

Walau ada beberapa kekurangan dan cliche yang kentara banget, saya menikmati Stone Guardian. Karena ada beberapa hal yang juga membuatnya berbeda dengan pararom lain. Plus, girl powernya dapat banget disini. 

Kavernya sendiri  menurut saya sangat bagus, dimana tidak ada model dengan pose aneh - aneh, atau sok seksi :P (walau entahlah saya kok ya suka aja gitu, apa mungkin karena modelnya Paul Marron XD). Misterius, tapi menggambarkan Terak dengan sifat protektifnya. Kaver ini didesain oleh Nathalia Suellen, seorang desainer dari Brazil yang sangat berbakat. Kalian bisa melihat karyanya di webnya, Deviantartnya (Lady Symphonia),  atau di Facebook pagenya (Nathalia Suellen) lho :).




Make no mistake, little human. You are under my protection now, and I protect what is mine... - Terak

Rating Cerita 
 





Sensualitas



Senin, 10 Februari 2014

Genre 101 : All About Romance (Part 3)


Yak, siapa yang menanti postingan genre 101 ini? :D Saya harap kalian masih belum bosan membaca ulasan saya tentang sub genre romance ya :). Karena sub genrenya ada banyak sekali dan juga bervariasi. Jadi, romance itu walau banyak clichenya, aslinya juga ga terlalu membosankan kok ;). Nah, kali ini kita sampai di part 3 untuk pembahasan sub genre roance. Dan seperti biasa, saya mengucapkan terimakasih pada Lisa Kay dari grup Goodreads Romance Lovers for the Challenge Impaired yang sudah mengijinkan saya untuk menyadur artikelnya mengenai sub genre romance

Ingin membaca untuk pembahasan - pembahasan  sebelumnya? Silakan klik tautan di bawah ini :
All About Romance : Part 1
All About Romance : Part 2

Erotic Romance


Yaa, ini adalah sub genre romance yang lagi popular akhir - akhir ini, dan kayaknya sih sudah ga malu - malu buat dibahas lagi. Ini adalah sub genre yang sulit untuk didefiniskan, karena definisi orang akan hubungan sex yang eksplisit (atau digambarkan dengan sangat jelas) dan erotic itu berbeda. Ada yang menyamakan erotic romance dengan porn, dan well, saya tahu bahwa kadar "vulgar" orang itu berbeda - beda :P . Dan ada bedanya juga antara erotica dan erotic romance. Untuk yang pertama adalah tidak adanya HEA (Happily Ever After, alias happy ending), sedangkan yang kedua adalah sub genre yang menceritakan perkembangan hubungan dua karakter utama melalui hubungan sex, dan jelas menuju ke akhir yang bahagia. Lalu apa bedanya dengan BDSM? BDSM adalah bagian dari erotic romance. Erotic romance membahas hal - hal yang jelas masih tabu dibicarakan dalam masyarakat, seperti praktek threesome (or foursome) , menage, fetish, dll. Yang pasti, ini adalah sub genre yang menurut saya musti dibaca dengan pikiran terbuka, dan hanyalah fiksi semata :)

Novel yang memiliki sub-genre ini : Bared to You (Sylvia Day), Backstage Pass (Olivia Cunning), The Professional (Kresley Cole), Novel - novel Maya Banks (tidak semuanya); Popular Book Erotic Romance,

Fantasy Romance


Fantasy Romance menggabungkan dua genre besar, yaitu fantasy dan romance. Untuk membedakan fantasy dengan paranormal romance, gampang banget. Lihat saja settingnya. Apakah di dunia antah berantah macam Lords of the Ring atau Eragon? Apakah romancenya cukup kental? Kalau iya, berarti kalian membaca fantasy romance :). Beberapa penerbit ada yang menyebut genre ini dengan romantic fantasy, dimana romance lebih utama daripada fantasynya. Tapi saya akan menyebutnya dengan fantasy romance saja.
Note : Di list yang saya beri, ada Twilight (dan juga beberapa novel lain yang ngga pas). Ini sebenarnya salah, karena setting Twilight adalah di bumi dan bersifat modern, sehingga lebih tepat masuk di kategori paranormal romance/urban fantasy.

Novel yang memiliki sub-genre ini : Lords of the Fading Lands (C.L. Wilson), Daughter of Sevenwater (Juliet Marillier), Finnikin of the Rock (Melina Marchetta)   Popular Book Chic-Lit


Fairytale Romance


Ini adalah re-telling atau menceritakan kembali kisah dongeng yang sudah akrab di masyarakat. Bisa overlap dengan genre fantasy romance ataupun paranormal romance. Kisah dongeng yang kerap diambil biasanya adalah kisah Cinderella, Snow White, dan yang lagi "in" saat ini , Beauty and the Beast.

Novel yang memiliki sub-genre ini : The Iron King (Julie Kagawa), Lover Awakened (J.R.Ward), Cinder (Marissa Meyer)   Popular Book Fairytale Romance



Fooled Around and Fell in Love Romance

Sub genre ini memfokuskan pada hubungan "One Night Stand" (alias cinta satu malam XD), dan juga hubungan "no string attached" yang nantinya akan berkembang lebih jauh.

Novel yang memiliki sub-genre ini : Nobody's Baby but Mine (Susan Elizabeth Phillips), Playing for Keeps (R.L. Matthewson);     Popular Book with One Night Stand Theme



Friends to Lover Romance


Ini berbeda dengan sub genre di atas, dan sudah jelas dari judulnya, yaitu dari temen jadi demen. Ini adalah salah satu sub genre favorit saya ^_^.

Novel yang memiliki sub-genre ini : Buku Harian Miss Miranda Cheever (Julia Quinn), Mine to Possess (Nalini Singh), buku - buku karya Sarah Mayberry,   Popular Book with Best Friends to Lovers Theme


Frontier Romance/ Mail in Order Bride


Sub genre romance yang bersetting di Amerika pada tahun 1880-1920, dimana frontier disini maksudnya adalah "perintis". Untuk Mail in Order Bride sendiri, artinya adalah para wanita yang menikahi pria yang mengiklankan diri mereka di surat kabar. Dimana kisah romance mereka akan dimulai setelah menikah. Sub genre ini cocok untuk pembaca yang lebih suka karakter utamanya sudah menikah, dan biasanya banyak di sub genre historical romance (walau ada juga yang memiliki setting modern). Bagaimana jika jodoh si karakter bertemu via online (seperti situs dating di internet)? Hmm, ini bisa juga masuk di "Mail in Order Bride" :).

Novel yang memiliki sub-genre ini : Texas Destiny (Jodi Thomas) ,Popular Book with Mail in Order Bride;   Popular Book Frontier Romance

Georgian Romance


Ini adalah sub genre romance dimana setting waktunya adalah pada era Georgian, yaitu saat pemerintahan Raja George I-IV (tahun 1714-1830). Ini adalah era sebelum era Regency dan Victorian (silakan cek di Wiki untuk jelasnya :D) . Ini adalah masa dimana prianya memakai sepatu hak tinggi dan wig rambut putih yang besar - besar ^^;

Novel yang memiliki sub-genre ini : Buku - buku karya Eloisa James, Buku - buku karya Elizabeth Hoyt,    Popular Book in Georgian Era

GLBT Romance


Sub genre dimana karakter utamanya adalah gay, lesbian, bisexual atau transgender. Ini adalah sub genre yang juga sedang marak akhir - akhir ini.

Novel yang memiliki sub-genre ini:  Dicintai Jo (Alberthiene Endah), Lelaki Terindah (Andrei Aksana)   Popular Book GLBT Romance



Glitz or Glamour Romance


Sub genre yang memiliki karakter utama selebritis, bisa aktor, aktris, musisi maupun supermodel. Biasanya menggambarkan hingar bingar dunia gemerlap, dan kisah cinta dengan orang biasa.

Novel yang memiliki sub-genre ini : Riley in the Morning (Sandra Brown), Fancy Pants (Susan Elizabeth Phillips), Celebrity Wedding (aliaZalea) ; Popular Book with Celeb Characters 

Gothic Romance

 

Disebut sebagai sub genre yang merupakan pendahulu genre "romantic suspense". Genre ini bersetting di era historical, walau bisa juga bersetting modern. Menurut Jennifer Brannen, berikut ini adalah element - element yang ada di Gothic Romance :
# Atmosfir yang ada di noel dengan sub genre ini adalah unsur penting. Adanya ketidak pastian dan juga sedikit menyeramkan. Walaupun begitu, ini berbeda dengan genre horror. Seram disini dalam artian, bukan karena ada hantu tapi adanya karakter dengan motivasi yang misterius
# Biasanya tokoh utama wanitanya pindah ke tempat yang baru, dan merasa asing dengan lingkungannya
# Adanya kejadian - kejadian aneh dan mencurigakan yang terjadi di sekitar tokoh utama, dan hanya dia yang menjadi saksi
# Si tokoh utama lalu mempertanyakan kewarasannya, apakah dia hanya berhalusinasi atau ada orang lain yang sebenarnya berusaha menakutinya
# Tema lain yang juga sudah umum untuk sub genre ini adalah ketidak pastian si karakter wanitanya pada yang pria, apakah si pria mencintainya atau malah ingin membunuhnya?


Novel yang memiliki sub genre ini :Wuthering Heights (Emily Bronte), Immortal (Gillian Shields),   Popular Books Gothic Romance


Heroine in Pursuit Romance


Ini adalah sub genre romance dimana alih - alih karakter pria yang mengejar wanitanya, malah wanitanya yang ngejar si pria. Eits, ini tidak berarti buruk, di jaman sekarang hal ini malah sudah biasa (asal tidak berlebihan :). Karakter wanita di sub genre ini biasanya adalah mereka yang berkepribadian kuat dan tidak putus asa dalam menyatakan cintanya. Biasanya juga sih, karakter prianya malah bikin pengen saya nendang, karena mereka suka menganggap kalau diri mereka ga cukup oke untuk wanitanya. Aduh,aduh -.-.

Novel yang memiliki sub genre ini :The Darkest Kiss (Gena Showalter),  Popular Books with Heroine in Pursuit

Highlander Romance


Sub genre dengan karakter pria (atau wanita) yang berasal dari Skotlandia. Di sini tampaknya cukup disukai juga, dimana serial hisrom dengan pria yang pakai kilt (aka rok kotak - kotak) ini memukau pembaca. Saya sih ngga tahu bagusnya dimana, soalnya kalau baca aslinya, dialek para Scottish itu ngga bisa dibaca XD. Untuk hisrom, biasanya mereka bergelar laird (atau lord. Ini maksudnya adalah tuan tanah), dan membenci Inggris (sampai sekarang kayaknya masih deh). Untuk setting modern, juga ada dan biasanya sih campur dengan sub genre paranormal romance. Alias karakter utamanya sudah yang tua sekali dan kebanyakan adalah werewolves (ini karena legenda werewolves salah satunya adalah dari Celts, dan Skotlandia adalah bagian dari Celts)
Ciri khas novel dengan sub genre ini adalah, biasanya judulnya mengandung kata "highlander", dan kalau kavernya ada orangnya, maka akan ada unsur "kilt"

Novel yang memiliki sub genre ini : The Secret (Julie Garwood), In Bed with a Highlander (Maya Banks), Outlander (Diana Gabaldon), To Scotland with Love (Karen Hawkins), Beyond the Highland Mist (Karen Marie Moning)  Popular Books with Highlander Hero

Historical Romance

 Ini adalah salah satu sub genre romance terbesar (selain contemporer), dan merupakan sub genre yang banyak disukai sama pembaca di Indonesia (mungkin karena ada bangsawan dan pesta dansanya #uhuk). Ini sub genre yang kadang saya suka, kadang saya ngga suka. Tergantung setting jamannya juga :P.

Novel yang memiliki sub genre ini :Buku - buku historical romance terjemahan terbitan GPU, Gagas dan Dastan,  buku klasik dengan genre romance, Popular Historical Romance



Jika teman - teman ada rekomendasi buku - buku yang bergenre seperti yang saya sebutkan diatas, silakan merekomendasikannya via kolom komentar ya. Terutama buku - buku karya pengarang Indonesia, karena saya  ngga banyak bacanya ^_^. Dan jika ada yang ingin ditanyakan, jangan malu - malu ;D.

Minggu, 09 Februari 2014

Books in English Reading Challenge 2014 (Master Post)


Salah satu Reading Challenge (RC) yang saya tunggu - tunggu adalah RC Books in English yang diadakan oleh Teh Peni dari blog Ketimbun Buku . Karena kesibukannya, maka RC ini baru bisa dimulai per bulan Februari 2014. Ada tiga kelas yang bisa diambil oleh peserta yaitu :

#1 Elementary Class : Membaca dan mereview 6-12 buku dalam bahasa Inggris

#2 Intermediate Class : Membaca dan mereview 13-24 buku dalam bahasa Inggris

#3 Advance Class : Membaca dan mereview > 24 buku dalam bahasa Inggris.

Rulesnya sendiri gampang sekali dan bisa dilihat di blog Teh Peni, yang jelas sih punya blog buku, membuat master post dan memasang button yang ada di awal postingan ini di sidebar. Reviewnya sendiri boleh ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, dan boleh diposting di blog atau Goodreads. RC ini bisa digabung dengan RC blog lain yang kamu ikuti loh :). Oh ya, akan ada games dari Teh Peni, biar RC ini makin seru. Dan juga ada hadiahnya untuk peserta yang berhasil menyelesaikan RC berdasarkan kelas yang mereka ambil.

Berhubung tahun kemaren saya banyak baca buku bahasa Inggris (wrap up post disini), maka tahun ini saya ambil kelas Advance XD. Apalagi jika dihitung dari bulan Januari kemaren mayoritas buku yang saya baca adalah buku bahasa Inggris. Untuk RC ini sendiri, buku yang dibaca adalah mulai dari bulan Februari 2014. Dan ini adalah list buku yang telah saya baca (plus reviewnya) :

#1 Shadow Claim - Kresley Cole : Review
#2 Misbehaving - Tiffany Reisz : Review
#3 Night Owls - Lauren M Roy : Review
#4 Witch Hunt - S M Reine : Review

Nah, tunggu apa lagi? Yuk ikutan RC Books in English, selain buat menghabiskan timbunan, juga untuk melatih kemampuan bahasa Inggris kita :)

Jumat, 07 Februari 2014

Friday's Recommendation #29

Selamat hari Jum'at di minggu ke-2 Februari :D. Dan, ya, ini waktunya meme Friday's Recommendation :). Sudah berapa buku yang kalian baca sampai dengan hari ini? Saya sendiri sudah 18 buku, semacam rekor buat orang yang kerjanya full time dan selalu teralihkan dengan social media XD. Sayangnya dari beberapa buku yang saya baca, tidak ada yang mau saya rekomendasikan untuk diterjemahkan. Jadi saya kembali ubek - ubek shelf Goodreads, dan akhirnya kepilih deh satu :)

Nah, ini dia buku yang saya pengen banget diterbitin dan diterjemahin di Indonesia.




Weird Things Customer Say in Bookshops
Genre :  Humor
Sinopsis : Goodreads
Kenapa saya rekomendasikan?

Saya jadi penasaran, kenapa ngga ada (atau belum aja) buku yang bertipe sejenis kayak "Weird Things Customer Say in Bookshops" di Indonesia? Apa karena toko buku di Indonesia didominasi oleh Gr*med*a? Atau karena kerja di toko buku itu ngga menarik? :/ Di buku ini banyak banget hal - hal aneh yang dialami Jen Campbell saat menjadi penjaga toko buku dan melayani pelanggan. Humornya sendiri khas humor orang bule, yang mungkin kalau diterjemahkan jadi berkurang lucunya (tapi, tergantung penerjemahnya juga sih :D). Dipenuhi dengan banyak illustrasi, membuat buku ini jadi catchy dan entertaining. Pas deh buat yang mau bacaan ringan tapi bikin ngakak. Jen Campbell sendiri sudah menulis lanjutannya, yaitu More Weird Things Customer Say in Bookshop, yang menurut saya walau lucu, tapi rada - rada jayus :P

Pengen ikutan meme Friday's Recommendation? Ini rulesnya :

1. Tulis buku yang ingin kamu rekomendasikan. Kategori buku yang akan direkomendasikan bisa memilih dari kategori di bawah ini :
a. Buku yang ingin diterjemahkan di Indonesia 
b. Buku yang sudah terbit di Indonesia, dan ingin kamu rekomendasikan ke pembaca.
Jangan lupa menulis alasan kamu merekomendasikan buku itu ya.
2. Jika kamu sudah pernah me-review buku yang ingin kamu rekomendasikan itu, taut balikkan ke link reviewmu.
3. Pasang button Friday's Recommendation, jangan lupa di taut balikkan ke blog Ren's Little Corner
4. Masukkan link Friday's Recommendation di blogmu ke linky yang telah disediakan.
5. Jangan lupa untuk blogwalking ke blog - blog lain
6. Waktu meme adalah bi-weekly. Diposting setiap hari Jum'at minggu ke-2 dan ke-4 tiap bulan

Nah, buku apa yang kamu rekomendasikan di hari Jum'at ini? :)

Kamis, 06 Februari 2014

Genre 101 : All About Romance (Part 2)

 

Masih di "Genre 101" dan tentu saja kita masih membahas tentang "Romance" dan sub genrenya :D. Sekali lagi, saya sangat berterimakasih pada Lisa Kay yang merupakan penulis original artikel thread Sub Genre Romance di Grup Goodreads Romance Lovers for the Challenge-Impaired , yang sudah mengijinkan saya untuk menyadur tulisannya di blog ini. Tentunya saya juga menambahkan apa yang saya tahu dari masing - masing sub genre tersebut :D.

Silakan membaca bagian pertamanya disini : All About Romance : Part 1

Dan yuk disimak definisi dan novel - novel apa saja yang masuk dalam sub genre romance yang saya jelaskan di bawah ini :

 
Celtic Romance



Ini adalah sub genre romance dimana kedua atau salah satu tokoh utamanya adalah orang Celts. Celtic disini meliputi Irlandia, Wales dan Skotlandia. Walaupun untuk cerita dengan karakter dan setting ada di Skotlandia, biasanya disebut dengan "Highlander Romance", maka Celtic disini lebih ke buku dimana settingnya adalah Irlandia (Irish) dan Wales. Kisah romance yang terinspirasi Legenda Raja Arthur juga bisa masuk ke sub genre ini. Dan.. tentu saja Roarke kan Celts, jadi yah, dia bisa masuk #uhuk2. Salah satu kisah Celtic romance yang terkenal adalah kisah Tristan dan Iseult (atau Isolde)

Novel yang memiliki sub-genre ini : Novel - novel karya Nora Roberts (dan J.D.Robb); Popular Book with Celtic Hero/Heroines, Popular Book with Wales Characters,   Popular Book Action Adventure Romance


Chic-lit Romance/ Women Fiction Romance / Family Saga Romance


Walau saya sempat bilang chic-lit ga masuk dalam romance, karena biasanya fokus utamanya adalah hubungan dengan orang sekitar dan keluarga, jika unsur romancenya cukup kental, maka bisa juga dimasukkan dalam sub genre ini. Hal yang sama juga dengan Women Fiction, jika unsur romancenya dominan. Untuk Family Saga, ini adalah sub genre yang biasanya berbentuk serial dan menceritakan kisah romance dalam keluarga yang cukup besar. HQ yang diterbitkan di Indonesia banyak yang mempunyai sub genre "Family Saga" .

Novel yang memiliki sub-genre ini : Buku - buku Meg Cabot, Sophie Kinsella, Emily Giffin, Serial MacGregor karya Nora Roberts, Buku - buku dengan line Metropop,   Popular Book Chic-Lit


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)