Senin, 02 Mei 2016

Perburuan Besar di Big Bad Wolf Book Sale!! (Plus Some Guide)

Saya yakin...saat ini banyak pembaca buku, utamanya buku impor pasti sudah mendengar kabar kalau Big Bad Wolf, salah satu book sale terbesar di Asia Tenggara yang biasanya selalu dilaksanakan di Malaysia sekarang mampir ke Indonesia!! Kabar Big Bad Wolf yang kerap disingkat BBW ini sebenarnya sudah santer sejak bulan Januari melalui sebuah artikel di Metronews yang membuat saya dan banyak kawan pecinta buku kegirangan dan pening di waktu yang sama. Girang karena tak perlu jauh - jauh ke Malaysia buat mendapat buku impor murah, pening karena pohon uang jelas - jelas tidak pernah eksis di muka bumi. Kabar BBW yang akan diadakan tanggal 25 Maret 2016 membuat saya dan Budokwi sudah ancang - ancang pesan kamar kalau- kalau kami bakal nginap nanti. Super niat mbaksis dan masbro! :P 

Sayangnya, mendekati detik - detik pelaksanaan di akhir Maret kok ngga ada promosi segala macem dari BBW dan saya pun mulai pesimis. Jangan - jangan ini bohong. Apalagi saya mention akun @BBWBooks yang asli, dibales aja ngga -_-". Sampai suatu saat, entah kesambet entah putus asa, saya search akun BBW di Twitter...dan taraaa, ada akun @BBWBooks_ID! Ternyata bukan hoax, bukan mimpi, cuma diundur aja BBWnya. Dimana pelaksanaannya jadi tanggal 30 April sampai 8 Mei! :D Beruntungnya lagi nih, setelah saya ikut kuis di page BBW Indo (terimakasih dong sama saya yang udah share pagenya di FB, jadi biar banyak yang ngelike :P), saya dapat free pass untuk masuk ke event Penjualan Perdana yang diadakan pada Jum'at, 29 April 2016. Kebetulan juga misua saya, K lagi cuti dari dinasnya, jadi ada tenaga tambahan untuk bawa buku - buku saya nanti. Ijin cuti sudah di tangan, free pass sudah siap. Mari berangkat!! :D


Nah, saya sendiri berangkat kesana pakai Uber (bukan promosi) sekitar jam setengah 9an dari Kalibata. Sempat kesasar di BSD karena pak supir Uber yang baik (beneran baik) tidak melihat ICE BSD yang menjadi tempat dilaksanakannya BBW, padahal jelas - jelas ICE kelihatan besar banget di depan mata :V. Karena sama - sama belum pernah ke ICE, sempat bingung juga BBW ini diadakan dimana. Untung ada papan pengumuman kalau BBW di Hall no 10 :). Tentu saja, sebelum masuk, tidak afdol jika foto dulu. Yah, sebagai bukti kalau kepergian saya bukanlah hoax :P.


*abaikan muka yang sedikit lecek*

Ada yang lucu. Ketika saya ngepost foto ini, banyak yang komen kalau saya sangat niat dengan bawa koper. Lah, pada belum tahu kalau titipan saya buanyaaak. Misua juga protes, kenapa saya bawa koper dan mending bawa ransel. Belum pada tahu nih, saya yakin kalau bakal beli banyak dan ransel saja tidak cukup. Kalau ditaruh di koper, akan meringankan beban bawaan dan lebih praktis pula. Turn that I'm, of course, right! :D

Begitu masuk ke aula...ih waw, ini pemandangan yang saya dapat:


SUPER HYPE, GUYS! XD 

Layaknya pecinta buku, pasti amazed lihat begitu banyak buku dipajang dalam satu tempat. Apalagi ini banyakan buku impor. Oh ya, tidak semua impor sih, ada juga buku - buku dari Mizan, selaku salah satu sponsor BBW. Tapi saya abaikan buku Mizan (jahat ih!), karena bukunya banyakan lama :(. Saya sendiri mau cari Talon dan Steelheart saja tidak ada. 

Jadi, saya pun memulai "perburuan besar" di aula BBW. Kesan pertama saya, aduh tumpukan bukunya tinggi - tinggi! Lebih tinggi dari saya yang cuma Hobbit ini, jadi untuk mengambil foto beberapa tumpukan buku, saya jadinya jinjit. Lalu, saya agak kecewa juga dengan pembagian buku - bukunya. FYI, pembagian bukunya adalah sebagai berikut:
- Fiksi General: Isinya campur segala macam genre, thriller, horror, women fic, dll, dsb. Pokoknya dicampur!
- Fiksi Romance: Isinya memang romance, mulai dari chic lit, hisrom, conrom, dll, dsb. Isi meja Fiksi romance ada dua, yang satu dominan chic lit, yang satunya adalah Mills and Boon. Dari sini saja saya udah menduga, akan banyak buku impor versi UK. Di FB, Elle sendiri kecewa karena judul erotica tidak banyak. Sementara Mba Lelyana bertanya apa ada judul M/M or gay romance. Ya, jelas tak ada lah ya! :V
- Fiksi Fantasy: Yang ngga begitu banyak dan kurang variatif. Disappointed I am. Disappointed! :(
- Klasik: Berisi karya - karya klasik yang cukup banyak
- Fiksi Young Adult: Sudah jelas isinya apa
- Children Books: Mulai dari fiksi, buku referensi, board books, dll. Terlihat cukup mendominasi dan saya mikir, mungkin ini BBW emang narget para mahmud (mamah muda) yang ingin beliin anaknya buku. Sayangnya, saya belum mahmud :D.
- Graphic Novel: Didominasi banyak komik Marvel dan DC. Cukup kecewa juga, apalagi titipan teman BBI, si BroApin ngga ada semua disitu
- Non Fiction: Surprisely, penggolongannya cukup rapi. Dimana dibagi menjadi beberapa section, seperti Cooking, Art, Photography, Reference, Memoir/Biography, Music, New Age/Religion, Business, dll. Sayangnya, buku mitologinya kok waktu itu saya cari pas tidak ada :(
- Poster: Ada poster Sherlock juga dengan gambar abang Benedict Cumberbatch yang urung saya beli, karena nanti misua saya bakal protes :D

Untuk harga buku, rata - rata adalah Rp 60.000 untuk odd size/trade paperback; Rp 60.000-Rp 100.000 untuk hard cover, Rp 45.000 untuk klasik dan Rp 30.000 untuk mass market paperback. Oh ya, buku anak, board books juga berkisar antara Rp 30.000 - Rp 60.000.  Untuk buku non fiksi, saya ngga terlalu perhatikan :P

Total waktu yang saya habiskan adalah 5 jam teman - teman. Jadi cukup gempor juga kaki ini :P. Awal masuk, saya masih membiasakan diri dengan penataan buku, jadi baru mulai ambil - ambil buku sejam kemudian. Panitia BBW menyediakan trolley yang bisa diseret kemana saja, jadi memudahkan dalam mengambil buku :D. Mereka juga baik, atau dalam kasus saya awalnya terlalu baik :V. Why? Karena bolak-balik mereka bertanya "ada yang bisa saya bantu?" dan bolak - balik juga saya jawab, "Ngga Mbak/Mas, saya bisa sendiri.". Mungkin biar ada kerjaan kali ya :V. Anyway, toh pada akhirnya saya juga minta bantuan sama mereka dan mereka juga cukup tanggap. Seperti menawarkan trolley lagi, atau mencarikan buku karya pengarang tertentu.

Kebanyakan bukunya adalah buku lama, dengan mayoritas buku versi terbitan penerbit UK. Kenapa ini saya bold? Karena sering kali cover penerbit US dan UK itu berbeda, dan ukurannya juga berbeda. Kebanyakan buku penerbit UK ini juga memakai ukuran odd size atau trade paperback, suatu hal yang bikin saya agak keki karena koleksi saya jadi tidak matching! Pengaturan buku, utamanya bagian general, juga bikin Books-OCD saya kambuh, karena saya ngga suka lihat genrenya dicampur - campur X(! Saya sampai tergoda untuk mengaturnya kembali :P. Oh ya, info yang saya dapat dari teman, BBW pada saat weekend kemaren bukunya mulai carut marut, terutama bagian Children Books. Yah, saya berarti beruntung datang saat event penjualan perdana karena penataan bukunya masih rapi :P (walau ya, saya masih pengen mengaturnya kembali, by genre tentunya). 

Event Penjualan Perdana kemaren juga dihadiri oleh Bapak Anies Baswedan, yang jujur sih, saya udah pernah ketemu beliau dulu saat acara Mizan di Salihara. Jadinya, saya biasa aja :P. Senang juga melihat pak Menteri datang ke BBW dan meresmikannya. Semoga BBW kali ini akan jadi pembuka untuk BBW - BBW selanjutnya! :D

Well, ini beberapa foto buku yang saya ambil disana :): 


Boxset Sookie Stackhouse yang dibanderol hanya 280ribu!

Ini buku yang jadi inceran banyak orang. Lucunya, sekali saya meleng, tiba - tiba buku ini langsung raib :V
Bagian general



Bagian romance

Buku kedua seri Miss Peregrine dengan format HC yang dibanderol hanya Rp 95000

Banyak sekali titipan teman yang tidak ada bukunya, utamanya mereka yang mencari buku Neil Gaiman, Jonathan Stroud, atau bahkan boxset Harry Potter. Saya sendiri juga heran, karena boxset yang ada, selain boxset Sookie Stackhouse, hanya kelihatan The Maze Runner, The Hunger Games dan Narnia. Saya sendiri ngobrol - ngobrol sama petugasnya, sambil nanya "kok bukunya cuma segini?" (sebanyak itu, saya bilang hanya segini :P). Yang dijawab sama mbak petugasnya "sebenarnya masih ada lima kontainer lagi yang belum datang.". Ih waw, lima kontainer lho. Penasaran 1 kontainer sebanyak apa :P. Apalagi saat saya lihat ke bagian hall lain, ternyata banyak juga kardus yang belum di-unpack:

Penampakan yang belum di-unpack

Total buku yang saya beli adalah 34 item, dimana itu buku saya sendiri, buku titipan beberapa teman, buku yang dibeli misua dan board books untuk keponakan saya. Di bagian kasir ada yang membantu untuk menaruh buku - buku di kardus:


Yang kemudian saya taruh di koper. See, keputusan saya adalah tepat dengan bawa koper. Apalagi kopernya ternyata beranak jadi ransel :P:


Lalu, ini buku yang saya beli untuk saya sendiri:


Dikit kan? Dikit ini :P

Oke, saya rasa sudah banyak yang berbagi tips atau guide atau petunjuk, seperti dari blog Mba Truly atau blog Alexa dan Elle. Well, ini sih guide dari saya sendiri agar teman - teman yang mau pergi ke BBW, minimal paham kondisi lapangan lah :P:

1. Disarankan untuk datang kesana pagi sekalian atau malam sekalian. Untuk hari biasa BBW buka dari jam 10 pagi sampai malam, namun untuk weekend buka nonstop. Kenapa kok pagi atau malam sekalian? Supaya kalian bisa mencari buku dengan tenang. Karena kabarnya saat weekeend kemaren (tanggal 30 April - 1 Mei), ramainya sudah luar biasa.

2. Sebelum berangkat, tidak usah begadang. Istirahat yang cukup, karena perburuan besar di BBW ini butuh energi yang besar juga.

3. Wear your most comfortable outwear! Karena bakalan lama (pasti lama deh), maka pakailah baju yang nyaman dan yang paling penting, alas kaki yang nyaman! Boleh sepatu atau sandal. Setahu saya sih tidak ada dresscodenya, jadi cukup berpakaian yang tidak membuat kamu kegerahan atau malah sulit gerak. Pemakaian alas kaki yang tepat juga mencegah kaki kamu gempor karena kebanyakan berdiri atau mondar mandir kesana kemari.

4. Buatlah list buku yang ingin dibeli, apalagi kalau banyak yang titipan. Ini untuk mempersingkat waktu dalam pencarian.

5. This is the secret. Bukunya memang terkesan ditata campur aduk, namun sebenarnya mereka disusun berdasarkan nama pengarangnya! Oh ya, nyarinya jangan berdasarkan abjad nama depan pengarang, tapi nama keluarga mereka (atau surname). Jadi, saat membuat list, catat judul buku dan pengarangnya juga. Lebih afdol lagi jika tahu covernya, terutama versi UK/US, sehingga begitu lihat cover langsung tahu itu buku yang kamu cari.

6. BBW adalah book fair untuk BUKU IMPOR. Banyak komen ke saya yang mengira kalau BBW adalah book fair biasa, dan kecewa saat mengerti kalau isinya banyakan impor. Do your research, yes? Memang ada buku terjemahan, tapi jumlahnya tidak banyak. Oh ya, kalau buku yang ingin kamu cari termasuk self-published, di BBW ini tidak menjual buku self -published.

7. Jika buku yang kamu beli lebih dari 10 buah, bawalah koper. Mungkin dirasa tidak praktis awalnya. Tapi percayalah, begitu banyak buku odd size dan hardcover yang murah - murah akan menggoda kamu untuk membelinya. Namun, buku2 ini sangat besar dan juga berat. Maka koper adalah pilihan tepat. Sayangnya saat kemaren saya datang, saya tidak bisa titip koper, sehingga koper pun ditaruh di trolley. Semoga pas saya kesana lagi (sudah niat), bisa nitip koper.

8. Jangan segan bertanya pada petugas - petugas BBW disana ya. Mereka ramah dan mau membantu kok :D.

9. Kembalikan buku yang tidak kamu beli ke tempat semula atau titipkan pada petugas BBW. Jangan mengobrak - abrik meja, karena kamu sendiri juga pasti  males kan nyari di tempat yang berantakan :P

10. Pembayaran tidak bisa memakai debit BCA, jadi bagi yang punya debit BCA, disarankan untuk bawa uang tunai. Jangan khawatir, ada ATM juga kok. Salah satu sponsor BBW adalah Bank Mandiri, jadi yang punya kartu Mandiri jangan lupa dimanfaatkan ya. Diskon bisa didapat dari redeem fiesta point, penggunaan CC Mandiri atau e-cash (bukan e-money ya).

11. Cek dan ricek struk pembelian buku, apalagi kalau kamu beli banyak (walau saya yakin tidak ada yang bisa mengalahkan Mba Treez dengan struck 130 lebih itemnya :V. Kecuali kalau kamu beli buat dijual lagi bukunya). Pengalaman dari Mba Truly, ada item yang dia beli hanya 1, namun dihitung jadi 2 item.

12. Bagaimana dengan transportasi? Mba Truly di blognya sudah menjelaskan moda transportasi kesana ya. Jika ada uang berlebih, bisa memakai Uber/Grab atau taksi. 

13. Saat saya kemaren kesana, tidak banyak yang jual makanan dan minuman, jadi disarankan bawa minuman sendiri. Keep hydrated!

Fyuh, puaskah saya dengan BBW? Bisa dibilang cukup puas, dan saya jadi ingin kesana lagi pada akhir pekan ini (sekitar tanggal 6 atau 7). Terimakasih Big Bad Wolf Books yang sudah mampir di Indonesia! Saya dengar kalau BBW kali ini sukses, maka tiap 6 bulan sekali sang Wolf bakal bertandang lagi ke negara kita tercinta. Well, saya harap sih, nanti mereka venuenya tidak di antah berantah kayak BSD, tapi di GBK atau JCC, atau minimal bisa mampir juga di kota lain seperti Medan, Bandung, Jogja atau Surabaya. Karena yang luar daerah juga ingin merasakan Perburuan Besar ini! :D

So, what are you waiting for? Let's begin the Great Hunt with Big Bad Wolf! XD

23 komentar:

  1. Di kotaku juga mau ada bazar buku tanggal 4. Nice tips. Bisa buat persiapan. >_<

    BalasHapus
  2. tergoda banget pengin ke BBW ini, kapan lagi coba nemu buku impor semurah itu hiks sayang tempatnya jauh banget :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Domisilinya dimana ya? Apakah luar Jakarta? Kabarnya sih akan diselenggarakan di Bandung untuk next eventnya

      Hapus
  3. Mau ikut komen ah...
    1. Bener banget kudu datang pagi. Aku nyampe setengah tujuh pagi hari minggu dan lowoooong.... Walo 4.5 jam kemudian tiba2 sangat penuh
    2. Baju bener2 musti nyaman plus ga usah pake makeup an... Aku pake clana kapri, kaos, dan sendal jepit. Masuk 6.30 keluar 11.30 muka kucel ga jelas.
    3. Pas ke sana aga berantakan penyusunan bagian fiksinya,masa yg nalini bisa ada di 4 meja berbeda (harusnya yang pengarangnya sama di meja yg sama dong). Gara2 ga ngurut jadi semua meja harus disamperin dan dipelototin, plus gw juga segede hobbit jadi pake acara jinjit2.tapi yang nonfiksi cukup rapi.
    4. Aku ke sana over budget 2 kali lipat. Jadi biar ga kalap, bawalah uang tunai. Karena kalo bawa kredit ato debit, biasanya pasti over budget. (Buku nonfiksinya bikin ngacai.... )
    5. Nyesel bener ga bawa koper... Padahal udah bawa kantong kain belanja bulanan yg ukurannya gede. Ga mikir juga sih bawanya kan berat, jinjing2 ke tempat parkir lumayan gempor.
    6. Pas ke sana cuma bermodal Waze, beware sodara2 dia akan membawa kita lewat jalan pintas yg belum jadi. A.k.a nyasar... Dan ga cuma aku yg disesatkan si Waze, ada Mobil di belakangku yg juga sama2 nyasar, dan si Mobil itu pun mau ke BBW.
    7. Di luar ruangan pameran ada kafe kecil sih, jadi kalo laper bisa lah cemil2 di sono. Ato kalo masih punya tenaga dan Dana maen lah ke mall aeon, makanannya banyak (bukan promosi)
    8.klasik ga lengkap...kecewa... Masih lengkap di books&beyond da...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending pake google maps aja :-). Tapi aslinya jalan ke BSD itu ga terlalu membingungkan, alias arah jalannya cukup simple. ICE pun kelihatan jelas dari jauh

      Hapus
  4. IRI!!!!

    Di kotaku, jangankan event gini, toko buku aja gak ada. Gak pernah ada bikin book fair atau semacamnya.

    Jadi, Irrii liat postingannya x__x

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ayo rongrong penerbit biar bikin book fair di Aceh!

      Hapus
  5. Diriku ikut overexcited nih bacanya. Di sini ada book event serupa (bahkan penampakan pun sama): Boekenfestijn. Karena di sini mereka getol banget menerjemahkan buku ke bahasa mereka, jadi untuk fiksi banyakan buku baru terjemahan. Sisanya fiksi bahasa Inggris. yang nonfiksi banyak bahasa Inggris.
    untuk fiksi bahasa Inggris malah gak ada pengelompokan, gini doang papan namanya: NOVEL :D justru nonfiksi (kayak di BBW) yang detil klasifikasinya. Kurasa memang orang ke event begini belinya nonfiksi, karena harganya biasanya jauh sekali dari harga original dan (kecuali untuk textbook), buku terbitan tahun-tahun lama gak masalah.
    Juga untuk novel, yang banyak biasanya klasik dan young adult tipe-tipe hunger games, tapi kalo mencari SF/F yang sangat spesifik, jarang ada (bahkan yang populer).

    Bagusnya event begini, memperkenalkan kita pada pengarang yang mungkin bagus, cuma kita tidak pernah tertarik membeli karena siapa mau keluarkan uang membeli buku yang penulisnya gak kita kenal cara penulisannya? Karena harganya kadang murah sekali, kadang terbeli, dan bisa aja kemudian jadi suka.

    Semoga event ini ada lagi tahun-tahun depan, kepingin mencicip!

    Btw, kenapa ya kalo komen di sini pake akun WP, selalu gagal.

    BalasHapus
  6. Saya sih ga begitu tertarik dengan BBW, karena yah...saya jarang baca printed book berbahasa Inggris. Jadinya adem ayem aja dengan hype-nya BBW ini. Tapi begitu lihat children book di fotomu tempo hari kok berasa pengen beli juga ya? Hehehe...

    BalasHapus
  7. Barusan ke sinii jugaa! Thanks mba untuk reviewnya, saya jadi spesial ngambil cash dulu sebelum ke venue. hehe.. Tambahan info juga nih, kebetulan tadi saya justru ngiter2nya di area nonfiksi karena nyari buku2 desain grafis. Untuk buku nonfiksi kisaran harganya sekitar 105-200rb. Kecuali yang ukurannya kecil/tipis bisa sekitar 70-95. Banyakan buku resep yang agak murah. :D Overall puas banget sama BBW ini, mungkin karena emang tujuannya nyari reference nonfiksi bukan fiksi. Kayaknya lebih kaya koleksi nonfiksinya (+ children books).

    BalasHapus
  8. Kemarin aku ke sini, beli The Collector-nya Nora Roberts juga!! xD
    Banyak buku yg bikin khilaf! Pengen bangetttt set Hunger Games-nyaaa, tapi sayang banget udah punya yg lokal hiks jadi harus menahan diri padahal yg impor covernya keren haha xD

    Regards,
    a-cupofrain.blogspot.co.id

    BalasHapus
  9. Hi Mba Ren. BBW will be in SURABAYA on Oct 20-31. Yihaayy... OMG I am super duper excited! I knew this event last year and drooling. I envy those who can come. because my house (well, my parents' house) is in serpong So it's kinda jump right to ICE. But now, well
    , they come to surabaya! Wuhuuyy.. come on AREK SUROBOYO! Let's start the party! The hardest thing will be asking permission to my husband for spending max 3 hours (allowed) for myself and let him taking care the boys! Hahahaa...

    BalasHapus
  10. Saya lagi cari novel fiksi klasik macem Edgar Allan Poe, Gabriel Marquez, kira2 ada di BBF gak mbak? Akhir Oktober ada jadwal BBF di kota saya soalnya...

    BalasHapus
  11. Makasih infonya, bagus buat persiapan tahun ini. :)

    BalasHapus
  12. Gimana caranya kalau mau ikutan jadi peserta, tolong jika ada yang punya kontak person panitia - jika tidak keberatan bisa menghubungi saya di 08164814931. Salam. Yudi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini peserta bazaar atau mau jadi crew ya Mas? Bisa dicek ke laman FB mereka atau dicek di Twitternya

      Hapus
  13. Hunger games boxet kalau mbak masih inget kira2 berapa ya harganya? Tolong jawab yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kisaran 150-200rb untuk Boxset

      Hapus
    2. Mba ngeliat ada boxset harry potter gak ya?

      Hapus
    3. Tahun kemaren tidak ada, adanya boxset Narnia. Mungkin tahun ini akan ada

      Hapus
  14. Aseeekkk, tgl 2 sampe 12 november ini di MEDAN, syukur dapet tiket buat tgl 1, makasih atas review nya mbak, cuma saya mo nanya ni, kalo saya dtg pulang kantor jam 7 an gitu, bakal rame gak ya?

    BalasHapus

Terimakasih sudah meninggalkan komen di Ren's Little Corner. Silakan untuk setuju/tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)

Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway).

Komen untuk postingan yang berusia lebih dari 1 bulan otomatis akan dimoderasi.

Terimakasih sudah mau berkunjung! :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...