Jumat, 14 April 2017

Interview dengan Ghia dari 7th Horizon

Untuk postingan Marathon Hut BBI ke - 6 hari ini, saya menginterview Ghia, dari blog 7th Horizon. Saat tahu Ghia ternyata Noir Ciel yang dulu juga kontributor di Animonster, majalah anime dan manga yang sempat mewarnai hidup saya selama SMP dan SMA, saya seneng banget. Kami malah jadi bahas Animonster, hehe XD. Nah, yuk kenalan sama Ghia yuk :D

Halo Ghia, terimakasih karena sudah bersedia diinterview di Ren's Little Corner. Bisa perkenalkan diri? :D

Nama saya Ghia, tapi tergantung kenal dari mana, biasanya saya dipanggil entah Shiki, Kou, atau Oyabun. 

Oke, aku panggil Shiki aja deh. Soalnya tahunya dulu awalnya Shiki pas lihat di Goodreads :P. Sejak kapan Shiki mulai ngeblog dan alasannya buat ngeblog kenapa?

Saya mulai ngeblog kayaknya 2000 awal, dan karena ikut-ikutan temen-temen. Waktu itu kalau nggak salah pakai pitas. Pernah nyoba yang macam livejournal, tapi saya kayaknya lebih cocok format blog. Makanya sekarang aktif pakai wordpress.

Kenapa pakai nama 07th Horizon buat nama blognya? ~soalnya nama itu unik sih~

Nama 07th Horizon itu, kebetulan waktu saya bikin blog khusus review, saya baru beli CD Märchen-nya Sound Horizon, yang mana itu adalah CD Story ketujuh. Karena rasanya klop, saya pakai aja.

Genre favorite Shiki apa?

Genre favorit saya...mungkin fantasi, ya. Karena walaupun lebelnya kadang 'roman' atau 'slice of life', saya cenderung ambil yang ada fantasinya. 
 
Hore, blogger lain yang juga suka fantasy XD. Anyway, Shiki kan dulu juga kontributor di Animonster. Bisa share pengalaman saat di Animonster dan suka dukanya?

Saya pernah kerja di Animonster dan Hotgame. Waktu di Animonster, karena itu masa saya kuliah, saya nggak punya banyak akses untuk dapat film ataupun majalah. Kadang beruntung, bisa beli majalah atau komik yang bakal atau berpotensi dibahas. Tapi waktu awal-awal, bener-bener mengandalkan data seadanya. Kadang harus minta bantuan kantor juga, yang aduh mak, datanya super nggak lengkap. Jadilah saya pontang-panting cari di net, dengan koneksi seadanya dan harap-harap cemas yang saya dapat itu bukan prediksi fans doang. 
 

 PS: Tapi aku suka baca artikel di Animonster lho XD. Bener - bener hiburan masa sekolah dulu :'D, apalagi pas itu akses internet ga sebebas sekarang dan info tentang anime plus manga juga ga banyak.
 
Kalau ngeliat blog Shiki dan juga Goodreadsnya, kebanyakan yang dibaca selain manga, juga buku karya pengarang dari Jepang. Adakah novel/manga yang bisa direkomendasikan?

Rekomendasi judul unik ya...Tergantung maunya apa dulu, nih. 
 
Kalau slice of life favorit saya saat ini, Cooking Papa. Ini manga luar biasa, karena udah berlangsung 30 tahun (30 tahun? Wow! Nyaris sama kayak serial Golgo 13 dong!) lebih serialisasinya, dan setiap chapter PASTI ada satu resep sebagai omakenya. Ceritanya juga, bukan tipe masak lebay yang mengejar sesuatu, tapi benar-benar kehidupan sehari-hari si tokoh utama dan orang-orang di sekitarnya. 
 
Kalau fantasi atau sci-fi, saya baru selesai baca 'trilogi' Project Itoh (Empire of Corpses, Genocidal Organ, Harmony), dan menurut saya itu unik banget. Dan udah diterjemahkan ke bahasa Inggris. 
 
Selain Itoh, saya juga suka Quantum DeviL Saga, novelisasi dari game Digital Devil Saga-nya ATLUS. Ini juga udah diterjemahkan ke bahasa Inggris. Cuma, yang ini rada keras dan berat.

Pertanyaan iseng nih. Aku sering lihat kalau di Goodreads, Shiki suka ngereview pake aksara Jepang. Kenapa gitu? XD Oh ya, lebih suka mana, ngereview di Goodreads atau di blog?
 
Oh, itu sebenernya buat ngelatih bahasa Jepang, kok. Bahasa Inggris saya nggak terlalu bisa dibanggain, makanya saya pakai yang saya kuasai aja. Tentang nggak ada yang ngerti... itu sebenernya kalau ada yang tanya atau minta terjemahan, saya kasih, kok. Hehehe. (Ok, nanti aku nanya - nanya yak :D)
 
Saya lebih suka di Goodreads, soalnya cepat. Tapi kalau nemu buku yang bagus beneran, pasti saya share di blog juga. Racun itu harus disebar, kan soalnya.

Yep setuju, emang kalau di Goodreads itu lebih cepet ngereviewnya. Asal blognya ga terlantar aja ya :P. Share pengarang favorit Shiki dong :D.

Kalau tentang pengarang... kayaknya saat ini masih Jepang ya juaranya. Fukami Makoto, (author dari Psycho-Pass -red) itu pengarang favorit saat ini. Kadang kelewat hardboiled memang, tapi 'kekerasan' di novel yang bersangkutan selalu kerasa 'wajar' dibanding pengarang lain, IMHO. 
 
Pengarang barat itu bagus, tapi saya kadang sebel sama cerita yang bertele-tele. Stephen King, misalnya. Atau American God. Saat ini yang saya enjoy bacanya adalah Jonathan Stroud, sama Terry Pratchett. Tapi, pada dasarnya kalau menarik pasti saya baca, kok. Action, roman, non-fiksi, gay, fantasi, bahkan novel yang kesannya ampas sekalipun. Suka atau enggaknya, itu masalah belakangan. 

Karena temenan juga di Facebook, selain tahu kalau Shiki suka Sailor Moon (dan aku setuju, Tuxedo Mask itu rada ga guna ya XD), Shiki juga tampaknya suka sama drama musikal, utamanya dari Takarazuka dari Jepang. Share dong, awal suka Takarazuka :D.

Takarazuka itu saya pertama nonton, karena beli DVD satu lakon, yang diangkat dari game ternama. Awalnya cuma itu, tapi lama-kelamaan, waktu anime terasa mulai nggak seru, jadi salah satu hiburan paling seru. Apalagi kalau beruntung dapat lakon yang bagus, karena Takarazuka banyak banget lakon yang MIRIS! Dan saya paling mudah baper kalau abis nonton yang begituan... Tapi, tetep aja, bagus, sih, emang... *masih dendam sama L'Aigle à deux têtes*
Di ultahnya yang ke-6 ini adalah kritik dan saran dari Shiki untuk BBI?

Kritik dan saran, ya...
Saya sih nggak mau berharap muluk, cumaaa...!!
MUDAH-MUDAHAN MEMBER SINI NGGAK BOSENAN DAN BERHENTI NGE-BLOG ATAU IKUTAN EVENT KARENA JENUUUH!!!
Udah cukup banyak temen pada pensiun anime-manga-game, deh!! 

以上!!
 
Aww..makasih Shiki...terimakasih karena sudah jadi bagian dari BBI XD. 
 

Terimakasih banyak Shiki atas jawaban - jawabannya! :D. Bagi yang mau mampir ke blog Shiki, silakan mampir ke blog 7th Horizon ya :D. Atau misal mau temenan di Facebook, hehe. Orangnya enak diajak ngobrol lho, apalagi kalau sesama penggemar anime dan manga ^^. Punya pertanyaan juga untuk Shiki? Atau simply mau ajak ngobrol - ngobrol? Silakan share di kolom komentar ya :D

9 komentar:

  1. Ah ini udah Jepang banget mah! XD hiihih, btw 以上 itu artinya apa ya? Kalo di Google translate artinya lebih mahaha. Racun harus disebar, hahaha setuju banget! Sama kaya kak Shiki, aku juga sukanya review di goodreads kalo reviewnya cuma singkat, cuma terkadang tertentu aja kalo di blog :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. 以上 di sini artinya 'sekian'.
      Tergantung kalimat, memang bisa berarti 'lebih' sih.

      Hahaha~
      Kalau di blog, lebih mesti dipoles juga, makanya gak sering-sering. Kalau cuma amukan kan kasian yang udah buang kuota demi buka page (padahal blog rame juga kagak /plak)

      Hapus
  2. Pengen tau, sejak kapan ka Shiki ini mulai menyukai anime/manga? Apa yang membuat ka Shiki jatuh cinta pertama kali pada anime/manga? Berencana buat bikin komik sendiri ga? Kalo iya, pengen buat komik seperti apa? Hehehe, maaf kepanjangan :D

    *itu cooking papa udah 30 tahunnn??? Sama aku aja masih tuaan itu cooking papa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak playgroup kayaknya. Alasannya nggak terlalu ingat sih, tapi mungkin karena dulu itu hiburan yang paling 'terjangkau' sama kantong. Cukup buat bikin saya jadi kecanduan huruf.
      Komik? Enggak deh. Nggak bisa gambar. Paling bisa nulis cerita doang, itu pun masih amatir banget ^^a

      Yap. 30 tahun.
      Karakter di dalamnya juga tumbuh, lho. Anaknya si tokoh utama, pas pertama serialisasi masih kelas 2 SD, di jilid 140 yang terbaru, dia mulai jadi karyawan kantor.

      Hapus
  3. Shiki,
    thanks u semua rekomen manga dan animenya.
    aku sukaaaa <3 <3 <3

    Ren,
    thanks udh interview Shiki ya

    *grouphug* utk kalian berdua

    BalasHapus
  4. halo Shiki..
    jujur saya bukan penikmat manga. kalaupun baca mungkin yang mainstream aja.hehe
    tapi saya kagum sama Shiki yang lebih menguasai bahsa jepang daripada bahasa inggris. dan itu adalah sebuah aset yang harus dijaga.
    well, sukses terus ya Shiki..

    BalasHapus
  5. Ya ampuun aku samsek nggak melek soal Jepang dan aksesorisnya kayak anime, manga, dll. Haft

    BalasHapus
  6. Wah kak shiki ternyata sudah lama jadi blogger yaa. Aku jugaa termasuk yang suka sama genre fantasi, tapi tetep lebih suka romance😂
    Kak shiki ini keren banget, bisa menguasai aksara jepang. Belajar aksara jepang lebih susah lho daripada belajar bahasa inggris, aku aja kalau ada pelajaran bahasa jepang suka kadang nyerah kalau dikasih tugas 😂
    Btw aku nggak pernah suka manga, tapi setelah lihat postingan ini, mungkin aku bakalan mencoba membaca manga.
    Sukses teruss ya kak^_^

    BalasHapus
  7. Aku juga suka manga sama anime lho kak Shiki, tapi yang genre teenlit n ada romancenya.😁. btw, rekomennya bisa jadi bahan pertimbanganku di th 2017.

    BalasHapus

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)