Sistem Review dan Rating

Review 

Buku - buku yang saya review disini, sebagian besar adalah milik saya sendiri. Beberapa ada yang pinjam teman. Beberapa ada dalam format e-book. Ada yang memang dikasih dari pengarang baik untuk kepentingan review maupun hadiah, ada yang dari penerbit, dan juga ada yang... ehem2 mungkin sudah pada tahu :p. 

Saya sebenarnya tidak membatasi genre bacaan. Apa saja akan saya baca dan review di blog ini, jika itu menarik minat baca saya. Tapi supaya blog ini ada ciri khas, saya ingin sedikit membatasi genre buku yang saya review. Saya mereview dengan mayoritas bacaan adalah :

- Fiksi Romance, mulai dari genre kontemporer, chicklit, thriller suspense, misteri, fantasy, paranormal, urban fantasy, historical romance, young adult.
- Fiksi non romance , mulai dari misteri, YA (kali aja ga ada romance gitu), pure fantasy, historical fiction., kontemporer, based on true story.
- Non fiksi seperti buku travelling dan buku yang diangkat dari blog.
- Graphic Novel (termasuk komik/manga)

Saya tidak mereview buku - buku agama, self-motivation, ensiklopedia (kecuali tentang mitologi) dan biografi. 

Review saya bersifat subjektif, apa adanya dan jujur.  Saya mereview dalam bahasa Indonesia, baik untuk buku terjemahan maupun buku dari luar negeri, dan dalam bahasa Inggris untuk beberapa buku tertentu.   

Untuk saat ini, dikarenakan kesibukan, saya tidak menerima request untuk review.

Rating

Untuk rating, saya ada dua rating. Yaitu rating buku secara keseluruhan, dan juga rating dinilai dari konten seksual yang ada dalam buku yang saya baca. Karena saya ini penggemar romance, jadi untuk memasukkan konten seksual itu wajar - wajar saja, hanya saya lebih berhati - hati dalam membahasnya. Untuk buku non romance, rating hanya dari segi isi buku saja. Kecuali buku itu juga ada konten seksual, maka rating dari segi itu akan saya masukkan.

Untuk rating cerita, saya memakai ikon semangkuk mie. Ga ada maksud khusus, hanya karena saya doyan makan mie :p.  Rating berkisar dari 1-5 mangkok mie  dengan penilaian :

1 mangkok : Sangat buruk. Sampai saya heran saya bisa baca sampai selesai, ga kenyang pula. Tidak disarankan untuk dibaca, cukup saya saja yang menderita.

2 mangkok : Buruk. Tapi masih bisa ditolerir walaupun tidak mengenyangkan. Disarankan untuk pinjam di rental atau teman saja

3 mangkok : Lumayan. Bisa dinikmati dan cukup mengenyangkan. Disarankan untuk beli, tapi lebih baik pinjam saja

4 mangkok : Bagus. Sangat menikmati ceritanya dan mengenyangkan. Disarankan untuk membelinya.

5 mangkok : Luar biasa!! Sampai saya tidak sanggup ngapa-ngapain karena kenyangnya. Masuk dalam kategori buku favorit. Harus beli!


Untuk rating sensualitas, saya pakai ikon "kiss" atau kecupan. Karena saya rasa ikon itu memang seksi. Untuk ratingnya tetap ada 1-5, dengan penilaian :

Satu kecupan: Tidak ada konten seksual yang berarti, hanya pegangan tangan/cium pipi.

Dua kecupan : Sedikit konten seksual seperti ciuman bibir dan pelukan yang "cukup mesra"

Tiga kecupan : Ada konten seksual, tapi masih bisa ditolerir. Tidak terlalu eksplisit.

Empat kecupan : Ada konten seksual dan  eksplisit ("panas", bikin kipas - kipas)

Lima kecupan : Disarankan yang tidak kuat untuk menghindari buku ini, atau men-skip bagian - bagian tertentu.

Terimakasih dan selamat menikmati membaca review saya ya :D
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)