Kamis, 28 Maret 2013

Review : His Majesty's Dragon oleh Naomi Novik (+ giveaway!)


Judul : His Majesty's Dragon
Judul Terjemahan : Naga Sang Kaisar
Pengarang : Naomi Novik
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tebal : 540 halaman
Diterbitkan pertama kali : 19 Desember 2012
Format : Mass Market Paperback
Target : Remaja
Genre : Historical Fantasy
Bahasa : Indonesia

Seri : Temeraire
Buku ke- : 1 (satu)
Status : Punya sendiri

Web Pengarang : Click here
Order di : Gramedia , Bukukita, Bukabuku

Sinopsis

 

Pertempuran udara membawa dimensi baru yang mendebarkan dalam Peperangan era Napoleon saat para pejuang pemberani bangkit membela Inggris dengan terbang ke angkasa... bukan dengan menumpang pesawat, melainkan menunggangi punggung perkasa para naga tempur.

Ketika HMS Reliant menangkap kapal fregat Prancis dan mengambil alih muatannya yang berharga: sebuah telur naga yang belum menetas. Takdir mengantarkan Kapten Will Laurence keluar dari kehidupannya sebagai pelaut ke dalam masa depan yang tak menentu--dan ke dalam sebuah ikatan tak terduga dengan makhluk yang sangat luar biasa.

Terlempar ke dalam dunia Angkatan Udara yang tidak biasa sebagai penunggang Temeraire, dia harus menjalani kursus kilat untuk menguasai taktik pertempuran udara yang sangat berbahaya. Saat Bonaparte melaksanakan rencana nekatnya , Laurence dan Temeraire harus menunjukkan kemampuan mereka dalam pertempuran yang menentukan nasib sebuah bangsa.

Review


Sebelum saya ngereview His Majesty's Dragon yang menjadi salah satu buku fantasy favorit saya tahun ini, saya mau nanya dulu deh : Suka novel fantasy? Suka novel yang ada naganya? suka novel dengan genre historical, terutama historical fiction?

Kalau jawabannya adalah salah satu dari atas, atau ketiganya, sekarang saya boleh kan nanya lagi? 

Udah baca His Majesty's Dragon belom?

Kalau jawabannya belom, atau ngeles aduh pasti masih dalam bahasa Inggris atau males ah baca ebook, siwer nih mata, atau, jangan - jangan g sebagus Eragon,  then shame on you! Karena Elex baru aja nerjemahin karya pertama seri Temeraire yang gosipnya sih (tapi bisa jadi kenyataan) bakalan difilmkan ma Peter Jackson. Dan 5 jempol saya sematkan untuk Elex kali ini, karena walau bagi saya  terjemahannya ga terlalu bagus di awalnya, tapi sungguh beruntung pembaca Indonesia bisa menikmati His Majesty's Dragon dalam bahasa kita. I mean, emang kalian kagak bosen apa baca yang temanya cinta segitiga mulu, remaja mulu, drama mulu, ceritanya lebih berat di cinta2an (jangan salah yak, saya penggemar romance juga :)) ), dystopia mulu? Wake up, guys! Sekali - kali baca di luar trend yg ada saat ini.

Awalnya sih saya sempat skeptis sama buku ini. Jujur, dari beberapa buku Elex yang saya baca, terjemahannya sering kurang bagus atau entah kenapa g sreg aja . Tapi cover buku ini yg berwarna merah menyala bikin saya tertarik (selain faktor naga, yang merupakan hewan fantasy favorit saya). Walau sempet ngikik juga sih liat nama serialnya, yaitu "Temeraire, Book 1". Kenapa ga pake "buku ke-satu" aja? . Di bagian dalam bukunya sendiri ada blurb yang bilang "pengarangnya seakan bermain Dragon and Dungeons dengan Jane Austen dan Eragon". Oke, saya belum baca Pride and Prejudice dan g begitu ngerti kenapa banyak cewek yang doyan sama Mr Darcy (dan Colin Firth dengan adegan legendaris dia yang keluar dari kolam itu, hehe). But, I really looooove Eragon. Sok deh kalau Eragon dibilang rip-offnya Star Wars dan Lord of The Rings (Begonya saya,  baru sadar itu semua setelah gabung di Goodreads. Walau untuk Star Wars, saya sudah merasa sih sejak buku kedua). Dan dengan bangga saya bisa bilang kalau His Majesty's Dragon jauh lebih keren daripada Eragon :D.

Tema dasar His Majesty's Dragon sebenernya sama kok kayak Eragon. Penunggang naga yang menjadi tumpuan sesuatu komunitas dan terasing karenanya. Eragon dan Saphira adalah penunggang naga satu-satunya di Alagaesia , tokoh utama buku ini Will Laurence dan naganya Temeraire juga sebenarnya nyaris bernasib sama. Terus apa yang membedakan? Karena di dunia Temeraire, dia bukanlah satu - satunya naga yang hidup. Setting waktu seri Temeraire adalah saat Perang Napoleon (Napoleonic Wars) yang berlangsung tahun 1803-1815. Alih - alih menggunakan pesawat tempur yang penggunaan resminya baru ada di abad 20, dunia menggunakan para naga untuk kendaraan tempur mereka di udara. Yup, semua dunia punya naganya masing - masing dan semuanya unik. Cuma, di buku ini fokusnya adalah naga - naga di negeri Inggris dan Perancis. Dan di tengah - tengah perang melawan Napoleonlah, Will Laurence bertemu naga yang akan mengubah nasibnya di tengah perjalanan pulang ke Inggris.

Di Inggris, penerbang naga dianggap pekerjaan berbahaya dan orang- orangnya kasar serta g patuh peraturan. Will yang awalnya adalah kapten angkatan laut, terpaksa meninggalkan kapal lautnya, termasuk gadis calon tunangan (g bisa dibilang tunangan sih sebenarnya. Lebih ke teman masa kecil yang janji bakal nikah saat sudah dewasa) karena pekerjaan sebagai penerbang naga itu butuh waktu yang sangat banyak, dimana si penerbang ma naganya jelas jauh lebih intim daripada penerbang dengan pasangannya. Don't take this in sexual way yah, hihihi. Will yang usianya udah 32 tahunan dan udah saklek sama aturan angkatan laut,jelas butuh waktu buat belajar jadi penerbang. Apalagi Will ini kaku layaknya bangsawan Inggris saat itu , sementara kebanyakan penerbang itu orangnya selain kasar, juga easy going. Demi Temeraire yang perlahan - lahan disayanginya, Will mau menjadi penerbang dan dikirim ke Loch Laggan di Skotlandia.

Di Skotlandia, Will bertemu dengan Celeritas, yang tenyata seekor naga pelatih. Disini naga semuanya bisa ngomong kayak manusia. Bukan pakai telepati yah, tapi beneran keluar suara dari mulut mereka. Naga juga cerdas, terbukti dari Temeraire yang doyan baca. Sampai Will yang ogah baca pun meluangkan waktunya buat bacain Temeraire buku - buku bermutu yang kita punya otak kurang prima, mungkin g akan ngerti :)). Dan seperti kebanyakan legenda, naga disini juga menyukai perhiasan dan batu mulia. Will sampai membelikan Temeraire kalung emas yang gede, sebagai bukti sayangnya pada naga itu. Will juga nantinya bertemu sama rekan penerbangnya. Ada Berkley dengan naganya Maximus dari jenis Regal Copper, naga terbesar di Inggris. Lalu ada Catherine Harcourt yang membuat Will tertegun karena dia ga biasa liat kapten wanita, dengan naganya Lily dari jenis Longwing yang bisa menyemburkan asam dan nantinya menjadi tombak formasi naga Longwing yg sering dipakai Inggris. Will sempat bertemu teman senasib sepenanggungan yg juga bangsawan kayak Will, Rankin, dan terkejut saat tahu Rankin bersikap kejam pada naganya, Levitas. Hal yang membuatnya sempat dimusuhi oleh beberapa orang di Loch Laggan, walau setelah menyadari kesalahannya, mereka menjadi team dari naganya. Kebanyakan naga di Inggris, diberi nama berbau romawi. Hanya Temeraire yang dinamai dengan nama kapal Perancis. Oh, iya Temeraire ini termasuk naga jenis unik. Dia adalah naga Imperial yang berasal dari Asia. Yup, Will dan Temeraire bernasib sama kek Eragon dan Saphiranya, sama - sama unik, sama - sama terasing sebenarnya.

Lalu, selain eranya di masa Napoleon, kenapa saya masih kekeuh bilang His Majesty's Dragon lebih keren dari Eragon? Itu karena Naomi Novik menjabarkan jenis naga yang sangat banyak dan variasinya juga unik - unik. Mulai dari naga jenis Winchester, Parnassian, Regal Copper, Yellow Reaper, Longwing, Pascal's Blue, dll. Bahkan dari Perancis juga ada varian naganya. Satu lagi, penamaan naganya unik - unik. Dan faktor mereka bisa ngomong tanpa melalui telepati, membuat kita menyadari kalau mereka, walau hanya senjata, aslinya juga makhluk hidup kayak kita. Apalagi latar belakang historikalnya juga menarik. Rasanya jarang banget saya baca kisah fantasi yang settingnya emang beneran ada di dunia kita (ga  menghitung yang namanya urban fantasy yah. Karena kalau itu emang settingnya di bumi). Biasanya kan selalu di dunia antah berantah gitu. Udah gitu pakai bahasa Inggris pula! Hihihi, bukan berarti saya ngejekin LOTR, Game of Thrones dll, cuma kalau dunianya antah berantah, bahasanya paling g antah berantah juga (oke, ini teori ngawur. Abaikan aja ;))

Keunikan penerbang naga disini adalah, mereka itu tidak sendirian naik naganya. Ada krunya juga, seperti yang terlihat di gambar yang saya sematkan di samping ini.. Jadi sebenarnya ibaratkan naga ini dengan pesawat tempur super gede dengan banyak kru (kayak pesawat yg di film The Avengers itu :D). Ada letnan, ada pembantu penerbang, ada yang bagian bersih- bersih naga (setelah Will bikin peraturan baru buat mandiin naga, karena kasian liat Temeraire yang kotor. Dan akhirnya naga lain seperti Maximus dan Lily jadi ikutan) ada yang bagian lepasin tali kekang naga. Hebatnya, mereka semua waktu di udara ya bantu penerbangnya menembaki musuh. Di ketinggian ribuan meter dan mereka ga segan-segan saling tembak di atas permukaan tubuh naga yang bergerak terus. Keren kan? :D

Kalau kalian yang doyan romance seperti saya ini, berharap bakal ada romance, maka ada sedikit unsur percintaan di buku. Yup, cuma dikit buanget. Will kan bangsawan dan umurnya juga udah 30an, jadi wajar kalau dia punya 1-2 kisah romantis. Setelah ditinggal teman masa kecilnya, Will ada semacam affair sama sesama penerbang, Jane Roland. Dimana anak Jane, Emily jadi krunya Will. Di dunia Temeraire yang naganya pasti usianya lebih tua, wajar kalau naga diwariskan secara turun temurun. Ga ada adegan yg uhuk-ihik-ehem, cuma ciuman doang :D. Hanya saja saya ga terlalu ngerti kenapa ada reviewer di Goodreads yang bilang Jane itu Mary Sue. Menurut saya sih, dia tipikal wanita penerbang yang tangguh. Dan g cantik, apalagi wajahnya penuh luka. Bagian mana dari Jane yg mirip si Bella Swan? :))

Tentu saja petualangan Will dan Temeraire ga berhenti hanya di buku ini, karena kan mereka masih belum ketemu musuh utama mereka, yaitu Napoleon sendiri. Apalagi Temeraire yang merupakan naga langka ini juga menjadi rebutan dari negara lain. Seri Temeraire sendiri sudah mencapai buku ke-8 di Amerika, dan rencananya sih Naomi Novik akan menamatkannya di buku ke-9. Saya sih pengennya ukuran buku ini sama kayak bukunya Eragon, agak gedean dikit supaya match sama buku - buku fantasy yang ada. Selain itu, kertasnya gampang lecek, mungkin faktor karena saya baca ini dengan tangan yang agak berkeringat. Semoga sih kedepaannya, selain faktor fisik buku lebih bagus, terjemahannya juga makin bagus. Oh ya, saya baca ini sebenarnya sudah awal bulan Maret, dimana saat itu saya lagi dinas ke Aceh. Kebetulan buku ini pas dengan tema baca bareng BBI bulan Maret, yaitu tema fantasy. Sekali lempar, dua burung jatuh gitu.. (peribahasa ngawur X) )

Belum baca buku ini? Buruan deh ke toko buku atau pesen di toko buku online favorit kamu. Saya sudah lama ga sesenang ini baca buku tentang naga, sejak Eragon (kalau untuk Eon dan Eona, saya ga bisa nyamain, karena plot dan settingnya beda). His Majesty's Dragon akan membawa pembaca ke dalam era Napoleonic Wars dimana para naga saling bertempur dan memberikan pertarungan udara yang dasyat dan sayang banget buat dilewatkan!


Trivia : 

   - Gosip kalau om Peter Jackson akan membuat versi movienya dari seri Temeraire sekarang ga sekedar gosip. Karena dari websitenya, Peter Jackson dikabarkan sudah membeli rightsnya, dan rencananya akan membuat filmnya setelah The Hobbit selesai. Semoga om Jackson ga PHP yah, dan filmnya bisa terealisasi dalam waktu dekat. Saya sih pengennya seri Temeraire menjadi serial TV ketimbang film kayak Game of Thrones. Dan untuk peran Will Laurence, oke mungkin sudah pada bosan kali yak, tapi saya pengen Benedict Cumberbatch yang main. Atau Michael Fassbender. Benedict yang sukses dalam memerankan Sherlock Holmes yang anti sosial pas banget buat meranin Will yang kaku. Dan dengan pengalamannya membesut LOTR dan The Hobbit, pasti versi naga Temeraire bakalan keren.


- Seperti yang sudah saya tulis di review, naga - naga di dunia Temeraire sangat bervariasi dan Naomi Novik menjabarkan keunikan mereka, baik secara fisik maupun keahlian tempur mereka. Di samping ini ada gambar jenis naga dan ukuran mereka. Untuk lebih mengenal nama species mereka, silakan klik link ini : Dragon BreedsDragon Size   - Saking kerennya buku ini, walau merupakan karya debut dari Naomi Novik, buku ini juga dianugerahi banyak award, diantaranya :
  Note : Semua gambar diambil dari site Temeraire Wiki

Favorite Quote

"Aku belum pernah bertemu Raja; aku bukan miliknya seperti seekor domba,"sahut Temeraire. "Kalau ada yang memilikiku, itu adalah dirimu, dan kamu adalah milikku. Aku tidak akan tinggal di Skotlandia kalau kamu tidak senang disana."

Rating Cerita :



Sensualitas


Hanya ada adegan ciuman yang tidak terlalu eksplisit. Dan masih aman kok buat dibaca remaja :D

Giveaway

Yup, saking senengnya saya sama buku ini, saya pengen berbagi sama pembaca blog Ren's Little Corner. Ada 1 (satu) eksemplar His Majesty's Dragon untuk 1 (satu) pemenang. Pengen dapatin buku ini? Gampang banget kok, tinggal komentar di review ini dan menjawab pertanyaan:

"kalau kalian menemukan telur naga (seperti Will) dan telur itu akan menetas, nama apa yang kalian siapkan untuk naga itu?"

Giveaway ini berlangsung mulai dari hari ini sampai dengan hari Jumat tanggal 5 April 2013. Satu komentar akan dihitung satu entry, jadi walau kalian mengusulkan banyak nama naga, itu semua tetap dihitung hanya satu entry. Pemenangnya akan diundi secara random.


Pengen memperbesar kemungkinan untuk menang? Share giveaway ini di Twitter, Facebook, atau social media lainnya. Dan jangan lupa share linknya bersamaan dengan komentar kalian. Tanpa linknya, entrynya tidak akan saya hitung. Yuk, tunggu apa lagi? Tertarik baca His Majesty's Dragon setelah baca review saya? Ikutan giveaway ini dong ;)

56 komentar:

  1. Belum kepikiran nih buat namanya. Jadi linknya dulu ya ;)

    https://twitter.com/dhanarun/status/317115825440030720

    BalasHapus
  2. Mau aku kasih nama : Artemis

    *biar samaan kaya naga piaraanku di Dragon Story X)

    Aku share di sini https://twitter.com/alvina13/status/317118072446124033

    :D

    BalasHapus
  3. kayaknya kamu suka banget cerita ttg naga ya Ren? reviewnya lengkap banget :)

    menjawab pertanyaan:
    ak bakal siapin popok, ibu susu (karena ak g bisa nyusuin naga), tameng (kalo dia nyembur2), ehmmm apalagi ya? kayaknya itu dulu deh kebutuhan paling utama bayi naga (?)

    udah share di https://twitter.com/peri_hutan/status/317122203521003520

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kelupaan, salah satu hal yang paling penting kalo mau punya baby tentu saja namanya. Ceritanya nih aku dapet telur naga dan setelah menetas aku kasih nama Mafka yang kalo dalam bahasa Rusia berarti peri_hutan, yang mempunyai karakter: ceria, kuat dan suka menolong :D

      @peri_hutan

      Hapus
  4. aku akan menamakannya erfolg, entahlah karena apa._. mungkin agar naga itu sukses di masa depannya :v :D

    aku share di sini -> https://twitter.com/niiiar/status/317123612257701888

    https://www.facebook.com/?q=#/YuniarRS/posts/183330535147816?ref=notif&notif_t=like

    https://plus.google.com/u/0/106800678285587281634/posts/WDvphhEHWMt



    BalasHapus
  5. Aku udah share di facebook ya, nanti twitternya nyusul deh...

    http://m.facebook.com/story.php?story_fbid=325660514223123&id=1356938879&_rdr


    Btw, ak pengen kasih nama Hart...plesetan dari heart...bisa buat naga jantan / betina jg hehehe lagipula dikisahkan kalau antara naga ama penunggangnya intim (anggep soulmate gt)...

    Jadi pengen punya naga beneran...

    BalasHapus
  6. Bleh, tadi ga nyadar kalo ada GA-nya

    Nah, kalo ada krunya kan lebih seru. SOalnya di eragon sendirian itu kadang lonely sih walaupun bisa berkomunikasi sama naganya :D

    Aku mau kasih nama sesuatu yg kuat dan keren, tapi kayaknya saya emang suka ama yg imut2 macam Twinkle gitu. Karena aku pengennya punya naga yg berkelap-kelip dan bersinar di udara.. *aseeek*

    BalasHapus
  7. Hi Ren, ijin ikutan giveawaynya yah..

    karena aku penggemar berat naga dari sejak bangku sekolah - so, nama yang pastinya akan pakai adalah nama yang dari dulu ada di kepalaku "Dragonfly" - dan memang klo di terjemahin jadinya bisa "capung" atau "naga terbang" hehe..

    ngga tahu kenapa aku suka banget nama itu, dan masih terikat sampe sekarang, malahan jadi salah dua alamat url blog-ku ^_^

    aku ngga mau nama kaya "Saphira in Eragon atau Temeraire in His Majesty - karena kata Dragon itu sendiri sudah gagah banget - jadi ngga kepikiran ganti dengan kata or nama lain, say I'm not creative, whatever - I just love that words "Dragon" with "fly", artinya "nagaku harus bisa terbang" ^_^

    terima kasih sebelumnya, maaf kalau kepanjangan dan OOT
    oia, aku udah share giveaway ini disini -- https://twitter.com/windascorfi/status/317139687494017024

    cheers,
    winda scorfi

    BalasHapus
  8. Aku suka sama setting historicnya. paling suka kalau ada fantasy yg menggabungkan dunia imaji dengan setting nyata, kayak Percy dan buku ini. Besok cari bukunya ah


    Kunamakan nagaku Julian wkwkwk
    https://twitter.com/dion_yulianto/status/317149423064973313

    BalasHapus
  9. kalo aku sih kayak nya pengen ngasih nama naga nya Drakon aja deh, biar sangar gitu :D. konon di mitologi yunani *menurut Percy sih sebenernya :p* Drakon itu lebih nyeremin daripada Dragon

    https://twitter.com/thifanarzis/status/317154716964507650

    BalasHapus
  10. pingin kasih nama Arthos :))
    udah share di https://twitter.com/tezarnet/status/317171570034483200

    BalasHapus
  11. Wah, itu kayaknya cocok deh kalo Om Ben jadi Will... #terpukau (,,>____<,,)

    Kalo aku punya naga, kayaknya aku mau ngasih nama Bento deh. Nggak ada hubungannya sama Iwan Fals, sih. Inspirasinya justru dateng dari lagunya MJ yang "Ben" hehehe. Cocok kan, klo Om Ben jadi Will, terus naganya namanya Bento... #muaksaa

    Bento itu juga nama kucingku dulu, yang hilang entah kemana, dan bikin aku nangis beberapa hari... TT____TT

    Udah aku share disini ya...
    https://twitter.com/radmalia/status/317183416456060928

    BalasHapus
  12. Keren naganya doyan baca buku! Ga boleh kalah dari naga nih :D
    Aku pingin ngasih nama 'Hikari' dr bahasa jepang yang artinya kaya namaku :D
    Link share FB : https://www.facebook.com/yukihikari/posts/506325919423858
    Link share twitter : https://twitter.com/yuki_yuchan/status/317186042434310145

    BalasHapus
  13. Kalo saya punya telur naga akan saya kasih nama Itkebus. Kalau nama itu dibalik jadi Subekti nama belakang saya :-D

    https://www.twitter.com/caca_iruka/status/317242803409268738

    BalasHapus
  14. Soal nama, aku tergantung sikon biasanya.

    Bila aku menemukan telur itu di dekat laut, atau di dekat markas angkatan laut, atau warna naganya biru, aku bakal menamainya dengan AQUAMARINE.

    Tapi bila warnanya merah, aku bakal menamainya dengan GARNET.

    Tapi bila warnanya hijau, ZAMRUD.

    Tapi bila aku menemukannya di Indonesia, aku akan menamainya dengan SAMBAL (dengan nama panggilan "SAM"). Kenapa nama itu? Soalnya, naga itu kan mulutnya panas, menyemburkan api, nggak jauh beda dengan manusia yang ketika makan sambal mulutnya kepanasan, hahahah.

    Ini dia link sharenya:
    Facebook: https://www.facebook.com/prince.junie/posts/172369329581686

    Twitter: http://twitter.com/FJrean/status/317252690050695168

    Google Plus: https://plus.google.com/u/0/118091736580642661968/posts/bxC5ZBXnddY

    BalasHapus
  15. Kalo aku menemukan telur naga yang akan segera menetas, aku akan kasih nama Storm Fire. Yang memiliki arti badai api. Karena terkesan kuat. Bukankah naga itu hewan yang sangat kuat dan menkjubkan?:)

    Share FB: https://www.facebook.com/desitrirahmawati/posts/230941937030498?notif_t=like
    Share Twitter: https://twitter.com/zahradessy/status/317290481929289728
    Share Blog: http://desitrirahmawati.blogspot.com/2013/03/giveaway.html

    Bismillah, semoga aku beruntung, aamiin :)

    BalasHapus
  16. KARMANIA, Nagaku itu cewek soalnya.

    Ini link shareku :
    FB : http://po.st/1HNyAp

    Twitter : https://twitter.com/dianputuamijaya/status/317295575416590336

    BalasHapus
  17. Ikutan giveaway ya Kak ...

    Aku mau kasih nama “Eieren”. Diambil dari bahasa Belanda yang artinya telur.*saya nggak tahu bahasa belanda, tapi coba-coba cari di google translete yang oke kayaknya ini he he :P

    Soalnya belum tahu nantinya naganya seperti apa, jadi aku kasih nama itu. Nanti kalau telurnya udah menetas mungkin bisa dikasih nama yang lain.“Eieren”, simple but I like it.

    LINK share FB: https://www.facebook.com/ayuni.adesty/posts/576823095661139

    LINK share twitter: https://twitter.com/ayuniadesty/status/317345283702939649

    Thanks before, and wish I luck
    :)

    BalasHapus
  18. *tiba2 inget Hagrid (?)*
    Aku kasih nama Norbert ajadeh, Mbak Reeen. :D

    link on twitter --> https://twitter.com/LinndaDansen/status/317406281784766465

    BalasHapus
  19. Hollla Kakakkkkk ikutan yaaaaah :*
    Kalo aku mau aku kasih nama 'OGON" artinya balikan nama Nogo (dalam bahasa jawa) hihihihi simpel ajah *bukan gogon lho ya --"

    shared :

    http://www.facebook.com/nyi.dewanti [fb]
    https://twitter.com/NyiPeDe [twit]
    https://plus.google.com/115313577645190951976/posts [G+]
    http://npdewanti.blogspot.com/2013/03/repost-rens-little-corner-review-his.html [blog]

    BalasHapus
  20. udah share disini:
    https://twitter.com/yustieafm/status/317444469551144962

    mau kasih nama Mapet aja, itu sebenernya dari kata my pet (padahal naga gak pantes disebut peliharaan) tapi yaa emang itu keinginan absurd aku-_-

    BalasHapus
  21. Ikutan ya, Ren :)

    Bayi naganya mau aku kasih nama Raven, ni nama unisex, jdi bisa utk naga cowo/cewe. Tpi klo nama Raven trlalu maskulin bisa juga pake Ravenna kalo si bayi naga cewe ga mau nengok pas dipanggil Raven :)

    udah share GA-nya juga, thx
    https://twitter.com/daneeollie/status/317515948628271104

    BalasHapus
  22. Mau kasih nama Daniel, soalnya aku ngefans sama Daniel Radcliffe, kalo perempuan mau kasih nama Bela, soalnya aku lagi ngefans sama Bela Thorne :D

    Share via twitter https://twitter.com/fennyusuf/status/317566589111267328

    BalasHapus
  23. Hai ka, salam kenal ^^
    izin ikutan ya :))

    dari membaca sinopsis dan review-nya saja aku sudah sangat tertarik dan penasaran juga cerita ini berbau historical dan fantasy dan pasti ada bumbu petualangannya :3

    Jika aku punya naga mau aku kasih nama Riddles sepertinya akan sangat cocok dengan karakter naga xD

    share via fb : http://www.facebook.com/RainyLangitan/posts/361252583994078?ref=notif&notif_t=like

    twitter : https://twitter.com/SCarenia/status/317614248173912065

    blog : http://kermitmimith.blogspot.com/2013/03/repost-his-majestys-dragon-oleh-naomi.html


    makasih ^^

    BalasHapus
  24. Betulan lebih keren dari Eragon?!! :O *sangsi* >.<
    Rasanya saya harus membacanya sendiri dan membuktikannya :p Tapi sangsi deh, sumpah, rasanya saat ini masih gak mungkin ada yang mengalahkan kehebatan Erago >.<

    Share di twitter:
    https://twitter.com/dwianantasari/status/317669706435805184

    Di FB: http://www.facebook.com/dweedy.ananta

    BalasHapus
  25. Wah, kalau aku sih mau kasih nama naga itu dengan nama Arwen. Pasti tahu dong, Arwen itu adalah salah satu karakter peri dari triologi Lord of The Rings.
    Kalau ditanya kenapa aku kasih nama Arwen, enggak tahu kenapa pas baca pertanyaannya aku langsung keinget sama tokoh Arwen ini hehe :D

    Twitter: http://twitter.com/ElfridaChania/status/317760281717661696

    BalasHapus
  26. link; https://twitter.com/chi_yennesy
    http://www.facebook.com/yennesy.damayanti
    namanya;

    kalau betina; balicca concorta
    kalau jantan; treverdio animbus

    gak ada alasan khusus, nama itu yg muncul ketika membayangkan sosok naga.

    BalasHapus
  27. Saya mau kasih nama Gogon saja deh, biar gampang manggilnya... :)

    Sudah share di https://twitter.com/MamaWilda/status/317830836907020288

    BalasHapus
  28. https://twitter.com/hami_02/status/317952994505277440

    Aku pernah ngetweet klo aku punya anak, nanti aku beri nama Pyra, berhubung naga dan penunggang di sini hubungannya dekat, klo aku nemu telur naga yang nantinya naga itu bakal aku rawat sampe dewasa, pasti aku sayangnya seperti sayang anak sendiri :))

    Daaaan! Aku pingin banget baca ini pas tahu Will udah umur 32, aku suka karakter utama yang udah berumur *v* dan pas kamu bilang Ben pantes jadi ini...aku...*flails*

    BalasHapus
  29. Baca review ini jadi mupeng banget kepengin baca :'| Apalagi aku cinta mati sama serial Eragon...

    Kalau aku nemu telur naga, aku pengin namain Kafka. Suka banget sama nama itu :">

    Twitter:
    https://twitter.com/_usaneko/status/317992204729724928

    BalasHapus
  30. Aku kasih nama Stormy biar cetar membahana badai kayak Syahr***, hehe

    Share di
    FB : https://facebook.com/maslihah.siti

    Twitter : https://twitter.com/SitiMaslihah/status/318295848205299712

    Terima kasihhh

    BalasHapus
  31. Ren, ikut ya.. Pengen banget nih, dapet buku ini ^^

    Nagaku nantinya akan bernama Aleron yang berarti Ksatria Pelindung.
    Dengan harapan, sesuai namanya, Nagaku akan bersikap ksatria dan selalu melindungi makhluk lain ^^

    Tw :
    https://twitter.com/lizserenity/status/318357372462575616

    Fb :
    http://www.facebook.com/lizfreyakris/posts/106428972887145

    G+ :
    https://plus.google.com/u/0/112184369231550957458/posts/Ybb4GyPfhB4

    Matursuwun sanget, Ren, buat review dan giveawaynya ^^


    BalasHapus
  32. http://renslittlecorner.blogspot.com/2013/03/review-his-majestys-dragon-oleh-naomi.html
    udah share di fb ku :P

    nama naganya aku pilih RUBY karena batu kelahiran ku ruby jd pengen aja kasih nama itu

    BalasHapus
  33. aku ikut ya ren~

    https://twitter.com/melody_violine/status/318984990811627523

    kalo punya naga, aku kasih nama Raya

    terima kasih atas giveawaynya

    BalasHapus
  34. mau di kasih nama carl.. hihi gatau kenapa yang terbesit nama itu, dan cantik :)

    https://www.facebook.com/vanisadesfriani/posts/568872009798256

    BalasHapus
  35. Mau dikasih nama Umar, seperti Umar bin Khattab, sahabat Rasulullah yg paling tegas. Pernah baca buku tentang beliau dan jd kagum aja.

    BalasHapus
  36. mau aku kasih nama Crystal :D


    http://mayahap.blogspot.com/2013/04/rens-little-corner-review-his-majestys.html
    https://plus.google.com/u/0/112562251259674768741/posts

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini link lengkap share via google plus aku :D
      https://plus.google.com/u/0/112562251259674768741/posts/aLAz5HUSMV2

      Hapus
  37. Wah, ketemu telur naga jenis Grand Chevalier (bayangkan dari telur udah ketauan jenisnya -dan tau jenis ini dari postingan ren haha) dan aku bakal kasih nama Vladimir dengan sifat keras, sedikit sadis kalo lagi bertempur, tapi sensitif sebenernya. Walaupun gendernya jantan, tapi si Vladimir cinta keanggunan :D
    Semoga dapet giveawaynya, amin

    I promoted this giveaway on,
    FB : https://www.facebook.com/kenya.giovanni?ref=tn_tnmn

    Twitter : https://twitter.com/kenyagio/status/319403770394075137


    BalasHapus
  38. Sebenarnya aku gak pernah ngasih nama apapun selain tokoh-tokoh yang kuciptakan sendiri. Tapi sendainya aku menemukan telur naga dan telur itu menetas, *semoga dia gak manggil aku mama XD* aku mau kasih nama Nass. Naga Aku Super Sweet... XD Meskipun gak ada naga yang sweet -_-

    share di twitter : https://twitter.com/ryana_maryana/status/319466839874891778
    share di facebook : https://www.facebook.com/maryanaulfah/posts/10200254051926461

    BalasHapus
  39. ikutan ^^
    Mau aku kasih nama Norbert aja kali yah. Soalnya nih pertanyaannya jadi mengingatkan sama film harry potter waktu hagrid melihara telur naga dan berusaha mengerami sendiri terus netas dikasih nama Norbert. Jadi terinspirasi sama nama naganya Hagrid. hehee.

    twitter: https://twitter.com/okika_/status/319490449083613184
    fb: https://www.facebook.com/ikalytaa/posts/484905064908421

    BalasHapus
  40. Naganya mau ku kasih nama Nuggie...
    hmmm... so sweet imut yah...

    Sudah ku share di http://www.facebook.com/ImaNieZzHa/posts/617863314894125

    BalasHapus
  41. Mau aku namain Jupiter, (biar unyu dipanggil jupe :D). Aku kasih nama ini buat ngegambarin sosoknya yang gagah perkasa kayak planet terbesar di jajaran tata surya ini. Tapi aku kasih panggilan yang imut, biar lebih kerasa friendly. Jadi intinya nagaku ntar bakal jadi si naga menyeramkan yang menyenangkan.
    Aku share disini mbak :
    https://plus.google.com/u/0/106981358604370467938/posts/VGii31qhzBY
    https://twitter.com/harovansi/status/319714763506610176
    http://www.facebook.com/bugot/posts/131995566987304

    BalasHapus
  42. mau aku kasih nama 'Drave', singkatan dari Dragon Brave :) karena aku suka banget sama all about dragon, jadi nama ini udah lama kuciptakan, rencananya sih mau dijadiin tokoh ceritaku juga hihihi...

    Share:
    https://twitter.com/meliarawr/status/319831970928533504
    https://www.facebook.com/AmeliaAuraYasminPevensie/posts/117874611739308
    http://giveawayspree.blogspot.com/2013/04/rens-little-corner-april-giveaway.html

    BalasHapus
  43. ikutan ya, ini masuk genre high fantasy kayanya, karena biar settingya masih sama dengan dunia kita tapi secara universe beda, sama kaya TBT dan Harry Potter :)

    Seandainya ketemu naga, aku akan kasih nama :

    Naga jantan : Dymlos
    Naga betina : Liara

    Terserah mbak Ren lebih suka yg mana, hehehe

    share :
    Twitter : https://twitter.com/arynity/status/320046942254166016
    Facebook : https://www.facebook.com/groups/GiveAwayIndo/permalink/600638939965474/?notif_t=like

    BalasHapus
  44. Mau aku kasih nama DKing
    D itu penggambaran nama diaa [disni yg ak mksd si naga] trus kalo Kingnya adalah RAJA
    Jadi DKing artinya Raja NAGA
    DKing Menggambarkan si naga yang perkasa :D

    https://twitter.com/RoroHartinahIsy/status/320051250353827840
    https://plus.google.com/u/0/108286448096582636633/posts/cw2AVGg8eQe
    Wish me luck :D

    BalasHapus
  45. aku kasih nama Iestea muahahaha... *narsisnya ga kira2*
    jadi ntar ada iestea 1 dan iestea 2 *dtabok* hmpfh

    BalasHapus
  46. Aku mau kasih nama G-dragon!!! Keren banget kan kedengerannya :D

    https://mobile.twitter.com/sherviana_lie/status/320083869997076480

    shervianalie@ymail.com :)

    BalasHapus
  47. sekian tahun silam pernah bikin cerita tentang naga, gua kasih nama Kaylie Dustrell, panggilannya Kay :D

    share-nya di fb sini -> https://www.facebook.com/indah.wd.3?ref=tn_tnmn

    BalasHapus
  48. kasih nama entangled, berasa keren aja eheheh :D
    mitchellinametta@gmail.com

    BalasHapus
  49. Aku akan beri nama EZRA.. it could be for girl or boy ;)

    Thanks for the giveaway!
    Penasaran deh seberapa bagusnya ni novel ;)

    Share:
    https://twitter.com/azhezha/status/320096972604321792
    https://www.facebook.com/azhezha/posts/529664993741496

    BalasHapus
  50. Halo, namaku Afina, ini link twitter aku: www.twitter.com/fnfz, ini status aku yang isinya sharing info ttg giveaway di blogmu https://twitter.com/FnFz/status/320099135434928128

    Kalo aku punya naga jantan, aku akan kasih nama Grom, dalam bahasa Rusia artinya petir. Bila yang kutetaskan ternyata betina, maka nama yang kuberikan Vikerkaar yang artinya pelangi di bahasa Estonia.

    Afina

    BalasHapus
  51. kalo aku punya bayi naga, aku bakal kasih nama bayi itu Parampaa, kayak nama game ya? ngga apa-apa, karena sebelumnya aku juga punya hewan piaraan burung hantu, namanya juga Parampaa, sayangnya itu cuma terjadi di pikiranku...

    link promosi: https://twitter.com/nurinurida/status/320191100579102721

    terima kasih!
    semoga blog-nya makin maju! :D

    BalasHapus
  52. Kuis resmi ditutup! :D

    Terimakasih bagi semua yang sudah ikutan kuisnya, silakan tunggu pengumumannya ya ^_^

    Bagi yang masih ingin komentar tentang review atau iseng2 mau kasih nama Naga, masih dipersilakan :)

    BalasHapus
  53. Sebenernya aku bukan penggemar fantasi tapi kok penasraan ya sama buku ini.

    BalasHapus

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)