Selasa, 21 Februari 2017

BBI Share the Love 2017: Books to Movie Adaptions



Pada kesempatan kali ini, Nova dari blog Absurd Reader kembali  mengisi guest post di blog saya dengan adaptasi buku ke film yang sudah tayang. Yuk disimak! :D

Siapa yang tidak suka menonton film? Hmmm, pasti hampir semua akan menjawab suka. Yup, menonton film merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Kita bisa melihat langsung, mendengar dan bahkan ikut merasakan setiap adegan yang ada dalam film. Tegang, sedih, lucu, senang, marah, kecewa bisa kita rasakan saat menonton film. Nah, sekarang ada nggak sih yang tahu kalau sebagian film yang kita tonton di layar lebar bahkan yang sudah pernah tayang di tv itu diadaptasi dari buku? Mungkin bagi orang yang memang gemar baca buku, mereka akan tahu bahwa film yang itu diadaptasi dari buku. Yah meski tidak semua kali ya (contohnya saya :D). Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak gemar baca buku? Mungkin mereka baru sadar setelah pergi ke toko buku terus lihat cover bukunya berubah jadi cover film yang mereka tonton kali ya XD.  Kayak saya ini. Saya sendiri tidak begitu banyak tahu buku-buku apa saja yang sudah diadaptasi ke film. Bahkan saya tahu filmnya dulu baru bukunya…. Hahah #kudet. 


Sebelumnya saya sudah pernah membuat book-to-movie adaptation yang akan tayang tahun ini di blog saya di 2017 Book-To-Movie Adaptions


Nah, kali ini saya ingin share buku-buku apa saja yang sudah diadaptasi ke film dan sudah pernah tayang di layar lebar maupun di tv kesayangan kita… :D Oia, film-film ini sebagian ada yang sudah saya baca bukunya tapi sebagian lagi hanya saya tonton filmnya saja…. So, ini dia book-to-movie adaptation yang wajib kamu tonton bahkan meski belum baca bukunya…. :D




1.      Inferno karya Dan Brown



Bagi kamu penggemar karya Dan Brown, pasti nggak asing lagi dengan film yang satu ini. Yup, kali ini Robert Langdon yang kembali diperankan oleh Tom Hanks akan beraksi lagi. Dan kali ini pasti nggak akan kalah seru dengan film sebelumnya… :D. Dan film ini sudah tayang di bioskop Indonesia mulai 12 Oktober 2016.




2. The Girl on The Train karya Paula Hawkins




Ada yang sudah baca buku nya??? Saya sih belum baca… hiks… Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karangan Paula Hawkins ini dibintangi oleh Emily Blunt sebagai tokoh utama dan sudah tayang akhir tahun lalu. Nah, ada yang sudah nonton filmnya??? 





3. The BFG karya Roald Dahl



Awalnya saya tidak mengira kalau ini diadaptasi dari buku. Ternyata oh ternyata. Saya memang belum pernah membaca karya Roald Dahl sebelumnya tapi menurut saya filmnya manis dan mengispirasi.



4.  The Bone Collector karya Jeffery Deaver



Hohoho,,, saya sudah berulang kali menonton film ini dan baru tahu kalau film yang keren dan mendebarkan ini diadaptasi dari buku. -_- Saya tidak tahu seperti apa bukunya, tapi yang jelas jika filmnya saja sudah sekeren itu, saya yakin bukunya juga pasti lebih keren. Ya kan… ?!



5. V for Vendetta karya Alan Moore dan David Lloyd



Film yang satu ini juga diadaptasi dari novel dengan judul yang sama yang tayang pada tahun 2006. Saya sendiri sudah cukup sering menonton film ini. Ini salah satu film kesukaan saya. Dan saya nggak menyangka kalau film ini juga adapatasi… *pukpuk nova*



6. Coraline karya Neil Gaiman



Nah, ada yang tahu kalau film animasi ini merupakan film yang diadaptasi dari buku? Saya sendiri tidak tahu kalau film animasi favorit saya ini juga diadaptasi dari buku yang berjudul sama karangan Neil Gaiman. Saya baru tahu saat saya melihat poster acara nobar yang dibuat oleh Goodreads Indonesia dalam rangka IRF dua tahun lalu kalau tidak salah… Yang jelas saya baru tahu… haha.





7. Harry Potter Series karya J.K.Rowling



Bagi kamu penikmat film fantasi dan juga buku bergenre fantasi, pasti sudah tidak asing lagi dengan film-film ini kan…??? Film-film yang diadaptasi dari buku fenomenal karya J.K. Rowling ini akan selalu menjadi tontonan wajib. Saya sendiri tidak pernah bosan menonton film ini berapa kalipun… :D. Oia, bagi kamu yang baru mulai mencicipi novel-novel karya Harry Potter, saya sarankan tonton dulu filmnya baru baca bukunya. Karena imajinasimu akan jauh lebih berkembang… :D





8. Trilogy The Lord of The Ring karya J.R.R.Tolkien



Ini adalah film-film favorit saya sepanjang masa.  Saya tidak pernah bosan menontonnya. Mulai dari buku sampai menjadi film, The Lord of The Ring akan selalu menjadi peringkat pertama diantara semua genre fantasi favorit saya. Nah, film-film yang keren ini juga merupakan adaptasi dari buku dengan judul yang sama karya J.R.R. Tolkien.  Sudah pada tahu kan..?! So, kamu sudah nonton berapa kali..? :D





9. Trilogy The Hunger Games karya Suzanne Collins



Bagi kamu pecinta thriller pasti sudah tidak asing lagi dengan film-film ini. Film yang mendebarkan ini juga merupakan adaptasi dari buku karangan Suzanne Collins dengan judul yang sama. Dan saya baru tahu kalau ini merupakan film adaptasi setelah melihat cover novel seri pertamanya yang sudah berganti menjadi cover film… haha.


10. Me Before You karya Jojo Moyes



Jika list-list sebelumnya hampir di dominasi oleh fantasy, misteri dan thriller, kali ini saya akan menyuguhkan sesuatu yang manis sebagai penutup. Yup, sebagai penutup postingan ini saya akan merekomendasikan Me Before You. Film yang diadaptasi dari buku yang berjudul sama karangan Jojo Moyes ini menurut saya manis dan menyentuh. Meski saya sedikit aneh dengan tingkah Emilia Clarke yang sedikit berlebihan tapi saya tetap suka dengan film ini. Tapi sayang, saya belum membaca bukunya yang katanya nih, lebih menyentuh dari filmnya… Hmmm, mungkin nanti saya akan cari pinjaman aja… haha.



Nah, itu dia tadi film-film yang diadaptasi dari buku yang saya rekomendasikan untuk kamu tonton meskipun kamu belum membaca bukunya sama sekali. Manatau dengan menonton filmnya, kamu juga tertarik untuk membaca bukunya. Karena sensasi saat membaca dan menonton itu kan berbeda… :D. 


So, yang manakah yang sudah kamu tonton? Atau ada film adapatasi lain yang ingin kamu rekomendasikan? Silahkan share di kolom komentar ya!

13 komentar:

  1. Inferno, The Girl on The Train, dan The BFG sudah masuk folder timbunan donlotan film siap tonton. LOL. sedangkan yang pernah saya tonton hanya V for Vendetta, Coraline, Harry Potter Series, dan The Hunger Games Series (yang tidak ada satupun yang saya baca bukunya hahaha). untuk pilihan antara film atau buku, saya sih menggunakan prinsip tumbal. kalau saya sudah baca bukunya, saya nggak mau nonton filmnya. kalau sudah terlanjur nonton versi film, saya jadi ogah baca bukunya. soalnya baik nonton film atau baca buku pasti sudah menemui endingnya kan. jadi saya lelah kalau harus membaca atau menonton hal yang sudah saya ketahui akhir kisahnya seperti apa hehehee.

    BalasHapus
  2. Yang terbaru saya nonton cuma Inferno dan Me Before You. IMO, Inferno ckp membosankan dan berantakan padahal plotnya sungguh menarik. Kecewa sih... Lbh bagusan A&D. Lalu, Me Before You ini yang saya pesimiskan berbuah menjadi mewek karena nancep banget. Huhu... Pembawaan tokohnya SUPER banget deh jd ga berasa garing.

    Selebihnya, Coraline is the best stop-mo animation for me until now. Unique story! TLOTR, Hunger Games, Harpot uda common lah yah. Hehe.

    Klo untuk 2017, The Lost City of Z (ada Charlie Hunnam *cough*), Stephen King IT, Murder on the Orient Express by Agatha Christie.

    BalasHapus
  3. Saya bukan penggemar film yang diadaptasi dari buku karena ngerasa film merusak fantasi saya itu disebabkan seri Harry Potter yang di filmkan. Tapi aku tertarik dengan rekomendasi animasi Coraline siapa tau bisa ditonton bersama si kecil.

    BalasHapus
  4. Dari sekian judul yang sudah aku nonton filmnya hanya Harry Potter Series, Trilogy The Lord of The Ring, dan Trilogy The Hunger Games, heheh *pukpuk pida.

    Dan ketiga-tiganya belum pernah baca novelnya juga. Dulu pernah 'mau' baca pas SMP, buku Harry Potter (ntah yang ke berapa, lupa), cuma sanggup bacanya seperampat halaman aja, sisanya nyerah karena ketebalan. Dulu itu saya paling anti dengan buku banyak halaman, dengan alasan bosan. Nah kalau sekarang jadinya malah suka yang tebal2. Apalagi pas ke tokobuku kalau mau belanja buku pasti nyarinya yang tebal2, dengan alasan biar seimbang. Harga mahal, tapi kualitas cerita dan tebal buku sama. (lah kok malah curhat??? *plakkk,abaikan sesi curhat)

    Dan dari sekian judul yang pengin banget aku tonton (tapi belum kesampaian) adalah film adaptasi dari novelnya Jojo Moyes. Semoga aja (ntah kapan) bisa tercapai keinginan aku yang satu ini. Penasaran juga dengan versi nyata dari pada versi imajinasi aku dari buku..

    BalasHapus
  5. Road Dahl emang paling kereeen. Aku baca karyanya yang The Landlady, wuuuuh keren banget. Makasih rekomendasinya kak

    BalasHapus
  6. Kangen opa Tom Hanks :D hahaha. Tapi dia tetap cool kok actingnya di film Inferno. Filmnya keren, ciri khas Dan Brown merangkai kisah triller dibalut sejarah nggak ada duanya. Penasaran Dan Brown akan mengangkat kisah apa lagi di buku Origin besok :)

    BalasHapus
  7. The Girl on The Train, walaupun belum baca bukunya, liat filmnya lumayan bikin ikut bingung antara kolase-kolasenya, sedihnya ketika salah satu perempuan jadi korban. Kalo inferno, belum baca bukunya juga, filmnya bagus sih cumagampang ketebak hehe. Myfav Harry Potter terus The Hunger Games series, Me Before You juga kalo liat sama ikut bahagia-bahagia nyesek gitu :( kalau rekomendasi, A Walk to Remember itu lumayan lho, film lawas

    BalasHapus
  8. Belum pernah baca bukunya, tapi udah nonton Harry Potter Series, The Hunger Games & Me Before You. Pingin segera nonton Coraline & The Lord of The Ring. Untuk buku segera baca Harry Potter Series krn di perpus kampus udah ada lengkap, hehe

    BalasHapus
  9. Laaah, sama! Baru tahu juga V for Vendetta dari novel! ._. Lainnya yang sudah kutonton 7-10~

    BalasHapus
  10. Yeee banyak yang sudah saya tonton dan baca. Untuk semua kasus, aku lebih suka baca bukunya daripada nontonnya (kecuali harry potter. Andaipun filmnya biasa aja yang penting saya tengok si danielnya haha) tapi untuk kasus the girl on the train, saya lebih milih nontonnya daripada bacanya. Ah yang udah baca pasti tahu kalau novel ini beralur lambat, tapi pas nonton filmnya, saya bersyukur sekali filmnya tidak selambat di novel (walaupun begitu, saya pernah baca komentar orang kalau filmnya beralur lambat. Dalam hati saya cuma komentar, untung dia belum baca novelnya)

    Bone collector itu bikin mupeng. Saya pengen baca buku itu. Sampai sekarang saya sih nggak ngerasa angelina jolie cocok di pasangkan dengan bapak itu (nggk tau namanya wkwk)

    BalasHapus
  11. The Girl on The Train jadi yang penasaran pengin ditonton gegara bukunya sudah baca dan lumayan suka dengan endingnya. Kepengin tahu Rachel segila apa di filmnya xD

    BalasHapus
  12. Trilogy The Hunger Games, Harry Potter, Me Before you, dan Lord of The Ring aku udah tau kalo itu diadaptasi dari buku. Tapi aku kaget ternyata V for Vendetta itu juga dari buku loh. Sudah sejak pertama kali menonton film ini bertahun-tahun yang lalu di layar kaca, aku langsung sukaaaaa. Keren dan sekarang aku malah penasaran sama bukunya :D.

    Coraline dan BFG sepertinya pernah denger tentang film tersebut, dan aku juga ga mengira kalo film tersebut diadaptasi juga dari sebuah buku. Lagi nunggu Inferno dan TGOT di layar kaca yang entah kapan itu :D. Dan The Bone Collector, aku ga tau kalo buku ini juga diangkat jadi sebuah film. Kenapa aku belum nonton filmnya yah, pemainnya oke-oke tapi kok kelewat ya :(

    BalasHapus
  13. Dari judul-judul di atas, yang pernah saya lihat filmnya hanya The BFG, Harry Potter, dan The Lord of The Ring. Jujur saja hanya TLoTR saja yang filmnya saya tonton berulang-ulang. Harry Potter bagus sih, hanya saja terlalu banyak seriesnya.

    BalasHapus

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)